Tafakur

Menghindari Hukuman Oleh

Semua orang berharap dirinya bebas dari hukuman, walaupun perbuatan buruk yang dilakukan sangat sangat parah

Menghindari Hukuman Oleh

: Jarjani Usman

“Pada hari itu manusia berkata: `Ke mana tempat berlari?’ Sekali-kali tidak! Tidak ada tempat berlindung! Hanya kepada Tuhanmu sajalah pada hari itu tempat kembali” (QS. Al Qiyamah: 7-12).

Semua orang berharap dirinya bebas dari hukuman, walaupun perbuatan buruk yang dilakukan sangat sangat parah dan menzalimi hamba-hamba Allah yang lain. Seperti orang-orang yang mencoba melarikan diri dari penjara di dunia. Namun Allah maha adil, yang tak akan membiarkan hamba-hambaNya lari dari hukuman yang sangat adil, terutama di akhirat kelak.

Sekecil apapun perbuatan baik atau perbuatan buruk dilakukan, akan diberikan balasan yang seadil-adilnya. Allah telah berjanji dalam Alquran, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrahpun, niscaya dia akan mendapat balasannya, dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar zarrahpun, niscaya dia akan mendapat balasannya pula” (QS. Al-Zalzalah: 7-8).

Oleh karena itu, setiap diri kita harus berupaya keras untuk membersihkan diri setiap hari. Perlu berusaha untuk mengontrol setiap gerak-gerik diri sendiri dan mengingatkan orang lain, terutama yang menjadi tanggung jawab kita. Anak-anak dan isteri adalah di antara orang-orang yang wajib diingatkan setiap saat. Kalau tidak, dosa-dosa yang dilakukan terhadap seseorang akan berkumpul dan terlupakan, sedangkan ampunan untuk setiap dosa tak diupayakan.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved