75 Pelamar Sipir Tes Fisik

Sebanyak 75 lulusan SMA/sederajat pelamar CPNS sipir melalui Kanwil Kemenkumham Aceh dijadwalkan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB)

75 Pelamar Sipir Tes Fisik
SERAMBINEWS.COM/SARI MULIYASNO
Peserta tes CPNS di Simeulue mengikuti ujian di gedung Serbaguna Simeulue, Rabu (31/10/2018). 

* Senin Besok di Lapangan Jasdam IM

BANDA ACEH - Sebanyak 75 lulusan SMA/sederajat pelamar CPNS sipir melalui Kanwil Kemenkumham Aceh dijadwalkan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) kesamaptaan atau fisik di Lapangan Jasdam IM, Neusu Jaya, Banda Aceh, Senin (3/12) besok mulai pukul 06.00 WIB. Mereka adalah peserta yang sudah lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) melalui Computer Asissted Tes (CAT) sebagaimana diumumkan melalui https://sscn.bkn.go.id atau http://cpns.kemenkumham.go.id, Rabu (28/11).

Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Kanwil Kemenkumham Aceh, Rudi Hartono SH MSi selaku Ketua Panitia Seleksi Daerah Aceh merincikan, 75 peserta yang lulus SKB dan berhak ikut tes kesamaptaan tersebut, yakni 54 lelaki dan 21 perempuan. Jumlah itu sesuai tiga kali lipat dari kuota yang bakal diterima sebagai CPNS sipir di Rutan Sabang, yaitu 18 lelaki dan tujuh perempuan.

“Saat tes kesamaptaan, untuk lelaki memakai kaos putih dan celana pendek hitam. Sedangkan perempuan, kaos panjang putih, celana panjang hitam, dan jilbab putih,” kata Rudi Hartono lewat siaran pers kepada Serambi, kemarin.

Rudi menjelaskan, sebetulnya pelamar sipir di Aceh yang lulus passing grade (ambang batas nilai) SKD melalui CAT sangat banyak, yakni 1.849 lelaki dan 848 perempuan. Namun, karena untuk dapat mengikuti tahapan ujian selanjutnya hanya tiga kali lipat dari formasi, baik untuk perempuan maupun lelaki, maka hanya 54 peserta lelaki dan 21 perempuan dengan nilai tertinggi yang lulus dan berhak ikut SKB kesamaptaan.

Lebih lanjut, Rudi menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri PAN RB Nomor 37 tahun 2018 tentang Penetapan Passing Grade Seleksi CPNS tahun 2018 bahwa khusus untuk formasi sipir, passing grade yang ditetapkan adalah tes intelegensia umum (TIU) minimal 70. Sedangkan tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes karakteristik pribadi (TKP) tidak ada nilai minimal, namun akumulasi ketiga unsur tersebut minimal 260. “Oleh karena itu, kami imbau pelamar membaca dan memahami dengan cermat pengumuman/informasi yang disampaikan panitia,” ucap Rudi didampingi Kasubbag Kepegawaian dan TU, Hendri Rahman.

Selasa, Ujian SKB Formasi S1 dan D3
Sementara itu, untuk peserta lulusan S1 dan D3 yang sudah diumumkan lulus SKD melalui CAT, menurut Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Kanwil Kemenkumham Aceh, Rudi Hartono SH MSi, mereka akan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) melalui CAT di Kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional Aceh, kawasan Blangbintang, Aceh Besar, Selasa (4/12) mulai pukul 07.00 WIB.

“Kepada peserta, baik yang lulusan SMA/sederajat maupun lulusan S1 dan D3, saat mengikuti tes agar membawa nomor ujian, membawa e-KTP atau bukti perekaman e-KTP. Jika belum ada e-KTP, hadir tepat waktu dengan memakai pakaian sesuai yang telah ditetapkan,” imbaut Rudi.

Seperti diketahui, pada tahun ini, Kanwil Kemenkumham Aceh mendapat kuota 21 orang untuk lulusan S1 dan D3. Lima di antaranya lulusan D3 Akuntansi, Akuntansi Komputer, Keuangan, Manajemen Informastika, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Administrasi Bisnis, dan Administrasi.

Mereka memperebutkan jabatan pengelola keuangan, masing-masing satu orang di lima kantor imigrasi se-Aceh, yaitu di Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa, Meulaboh, dan Sabang.(sal)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved