Perusakan APK Caleg Marak di Pidie

Perusakan Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif dari partai nasional dan partai lokal marak terjadi di Kabupaten Pidie

Perusakan APK Caleg Marak di Pidie
SERAMBINEWS.COM/FOTO WARGA
Satu APK caleg di Gampong Sangget, Kecamatan Glumpang Baro, Pidie, Juma (30/11/2018) dirusak. 

SIGLI - Perusakan Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif dari partai nasional dan partai lokal marak terjadi di Kabupaten Pidie. APK tersebut diduga dirusak pada malam hari.

Ketua Panwaslih Pidie, Junaidi SH, kepada Serambi, Sabtu (1/12), mengatakan, dari laporan yang mereka terima dari para caleg, tercatat perusakan APK terjadi di beberapa kecamatan.

Dari laporan yang masuk itu, petugas Panwas telah melakukan pemeriksaan kepada saksi korban dan melakukan investigasi. Namun pelaku perusakan masihbelum diketahui. “Sebab perusakan dilakukan pada malam hari sehingga sulit dibuktikan,” katanya.

Karena itu, Panwas lantas menghentikan kasus perusakan APK karena tidak terpenuhi unsur formil dan materil. Sebab, APK yang dirusak itu dipasang pada lokasi yang dilarang oleh KIP.

Ia menambahkan, untuk menghentikan aksi perusakan APK milik caleg, setiap minggu dilaksanakan pertemuan di kecamatan. Pertemuan itu difasilitasi Polsek dengan bertatap muka dengan caleg, keuchik, unsur KIP dan Panwas. “Kita berharap semua pihak menahan diri, agar tidak merusak spanduk caleg,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Senin (3/12), Satpol-PP Pidie, KIP dan Panwaslih Pidie akan melakukan penertiban kedua kali APK caleg yang dipasang pada lokasi yang dilarang. Pemasangan tersebut sudah mengganggu dan melanggar aturan yang telah disepakati bersama.

“Menjamur APK caleg yang dipasang pada lokasi yang telah dilarang. Kita juga akan mengundang PLN untuk melepaskan striker caleg yang ditempelkan pada tiang listrik,” demikian Junaidi.(naz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved