Stok Darah UTD Kosong

Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr Zubir Mahmud (ZM), Aceh Timur mulai kosong dalam sepekan terakhir ini

Stok Darah UTD Kosong
DOK SERAMBINEWS.COM
UTD RSUD dr Fauziah Bireuen bekerjasama dengan PMI, menggelar donor darah dalam rangka HUT ke-66 Satpol PP, HUT ke-13 Polisi Wilayatul Hisbah (WH) dan HUT ke-54 Linmas, di halaman Meuligoe Bupati Bireuen, Rabu (18/5/2016). 

* Pihak Keluarga Pasien Jadi Alternatif

IDI – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr Zubir Mahmud (ZM), Aceh Timur mulai kosong dalam sepekan terakhir ini. Untuk mengatasi kebutuhan darah, maka keluarga pasien menjadi pilihan alternatif, khususnya dengan golongan darah yang sama dengan pasien.

Kepala UTD RSUD dr Zubir Mahmud, Rizalul, kepada Serambi, Sabtu (1/12) menjelaskan permintaan darah dari pasien terus meningkat, tetapi tidak diimbangi dengan sumbangan darah dari pihak terkait, sehingga kosong. “Untuk mengatasi kebutuhan pasien, maka pihak keluarga pasien diminta membantu mendonorkan darahnya,” jelasnya.

Rizal mengungkapkan darah jenis golongan O dan A paling banyak dibutuhkan pasien. Disebutkan, pihaknya menyalurkan darah ke tiga rumah sakit di Aceh Timur, yakni RSUD Zubir Mahmud, RSUD Graha Bunda dan RSUD Sulthan Abdul Aziz Syah, Peureulak.

Dia menyatakan stok darah di UTD RSUD Zubir Mahmud berasal dari kegiatan donor yang dilaksanakan di beberapa lokasi, selain pendonor yang secara sukarela datang ke UTD. “Kegiatan donor terakhir dua pekan lalu di SMA Idi dengan jumlah 59 kantong darah dan sukarelawan, antara 1 sampai 5 orang perhari yang didominasi anggota polisi,” katanya.

Rizal menjelaskan untuk mengatasi kekosongan darah di UTD RSUD Zubir Mahmud, pihaknya akan kembali menggencarkan kegiatan donor di lapangan dengan pola menbangun koordinasi dengan berbagai intansi dan lembaga di Aceh Timur.

Dia mengimbau masyarakat Aceh Timur agar mau mendonorkan darahnya secara sukarela ke UTD RSUD Zubir Mahmud, maupun melalui kegiatan donor yang digelar di lapangan. Menurut Rizal, rutin mendonorkan darah 6 kali setahun bagi laki-laki, dan 4 kali setahun bagi perempuan, maka dapat memberikan sejumlah mamfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikatakan, manfaat yang diperoleh yakni dapat menurunkan risiko sakit jantung dan kanker, serta dapat mendeteksi empat penyakit serius, seperti HIV dan AIDS, hepatitis B, hepatitis C, dan sipilis. Dikatakan, pendonor juga akan merasakan kesegaran tubuhnya,

“Kami meminta masyarakat agar mau secara sukarela mendonorokan darah ke UTD RSUD ZM, karena selain menjadikan tubuh sehat, juga dapat membantu menyelamatkan pasien yang membutuhkan darah,” ujar Rizal. Dia berharap, kekosongan darah yang di beberapa RSUD akan segera teratasi.(c49)

kekosongan darah
* RSUD Zubir Mahmud
* RSUD Graha Bunda
* RSUD Sulthan Abdul Aziz Syah
* Selama sepekan terakhir ini
* Keluarga pasien jadi alternatif
* Kebutuhan darah tinggi
* Warga dimbau donor darah

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved