Warga Ikuti Pengurangan Risiko Becana

Sebanyak 30 warga Gampong Gampong Lancang Paru, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya (Pijay) mengikuti penyusunan

Warga Ikuti Pengurangan Risiko Becana
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Koordinator Lapangan PKPA Aceh T Satria memberi materi pengurangan risiko bencana kepada 30 peserta warga Gampong Lancang Paru, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, Sabtu (1/12/2018). 

MEUREUDU - Sebanyak 30 warga Gampong Gampong Lancang Paru, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya (Pijay) mengikuti penyusunan Rencana Pengurangan Risiko Bencana (RPRB). Kegiatan sehari penuh itu dilaksanakan oleh

Pusat Kajian Perlindungan Anak (PKPA) Aceh di Rumoh Meureunoe Gampong Lancang Paru.

Koodinator lapangan PKPA Aceh, T Satria Mahmud, Sabtu (1/12) mengatakan telah membekali 30 warga untuk menyusun RPRB, karena gampong ini rawan bencana alam. “Gampong Lancang Paru memiliki kerawanan terhadap bencana alam dari 222 gampong di Pijay,” sebutnya.

Dikatakan, berdasarkan analisa kajian kapasitas dan kerentanan yang dilakukan PKPA bersama puluhan masyarakat, ditemukan fakta bahwa gampong ini pernah terdampak dari tsunami, gempa, puting beliung dan banjir rob. Dia menjelaskan pelatihan ini juga menjadi bagian program Resilient Aceh yang mendapat dukungan Mercy Relief.

Satria menyatakan Gampong Lancang Paru yang berada di pesisir Selat Malaka ini belum memiliki pemecah ombak atau gelombang air laut, serta hutan bakau, sehingga air laut mudah memasuki pemukiman. Ditambahkan, Pijay terletak di jalur dua patahan sepanjang pulau Sumatera yaitu Sesar Semangko yang membentang sepanjang 1.650 km dari Teluk Semangko sampai Aceh dan Samudera Hindia.

Dia menjelaskan hal itu yang mengakibatkan wilayah ini menjadi salah satu wilayah yang sering diguncang gempa bumi. “Dalam penyusunan rencana aksi pengurangan resiko bencana ini, para peserta juga telah mengusulkan penguatan pengurangan bencana, berupa jalur evakuasi, sistimperingatan dini, dan titik pengumpulan massa,” katanya.(c43)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved