Dr Mirza Irwansyah Terpilih Jadi Rektor ISBI

Dr Ir Mirza Irwansyah MBA, MLA yang saat ini menjabat Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh kembali terpilih

Dr Mirza Irwansyah Terpilih Jadi Rektor ISBI
IST
Mirza Irwansyah

* H Sjamsul Kahar Sampaikan Orasi Ilmiah

BANDA ACEH - Dr Ir Mirza Irwansyah MBA, MLA yang saat ini menjabat Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh kembali terpilih sebagai rektor institut itu untuk periode 2018-2022 dalam Rapat Senat ISBI Aceh di Kota Jantho, Aceh Besar, Kamis (6/12). Rapat senat itu dihadiri oleh Kuasa Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Dr Ir Ridwan MSc.

Pemilihan itu dilakukan setelah melalui proses penelusuran rekam jejak para calon rektor ISBI Aceh periode 2018-2022 oleh Kemenristekdikti. Proses pemilihan Rektor ISBI Aceh tersebut merupakan kali pertama dilakukan secara langsung oleh Senat ISBI, institut yang Desember ini berumur empat tahun. Sebelumnya, Rektor ISBI Aceh selalu ditunjuk dan dikukuhkan oleh Menristekdikti, bukan dipilih oleh anggota senat.

Ada tiga kandidat yang kemarin bertarung setelah dinyatakan memenuhi syarat dan dilakukan rekam jejak oleh Kemenristekdikti, yakni Dr Zahrul Fuadi ST, MSc (Wakil Rektor Bidang Nonakademik ISBI Aceh), Dr Mirza Irwansyah MBA, MLA (petahana), dan Dr Zulham SE, MSi (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala). Sedangkan jumlah anggota senat yang berhak memilih hanya 12 orang, tapi yang hadir hanya 11 orang, ditambah satu Kuasa Menristekdikti yang berhak atas 35% suara (6 suara), sehingga totalnya 17 pemilih.

“Setelah anggota Senat ISBI dan Kuasa Menristek memilih, ternyata yang meraup suara terbanyak adalah Dr Mirza Irwansyah, yakni 16 suara,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor ISBI Aceh, Drs Yusri Yusuf MPd yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik ISBI Aceh.

Pemilihan Rektor ISBI Aceh tersebut dilaksanakan dalam rapat tertutup Senat ISBI. Penentuan waktu pemilihan kemarin berdasarkan surat Kemenristekdikti Nomor 5306/A.A2/KP/2018.

Proses pemilihan ini dilakukan setelah proses penelusuran rekam jejak para calon rektor ISBI Aceh periode tahun 2018-2022 oleh Kemenristekdikti.

Yusri Yusuf MPd selaku ketua panitia pemilihan mengatakan, tugas dari institusi adalah mempersiapkan proses pemilihan mulai dari penjaringan, penyaringan, sampai proses akhir terpilihnya Rektor ISBI Aceh periode 2018-2022.

Dies natalis
Sementara itu, tanggal 10 Desember 2018 ISBI Aceh genap berumur empat tahun. Pada tanggal tersebut akan diperingati Dies Natalis Ke-4 ISBI Aceh. Panitia sudah menetapkan dan mengundang Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar yang juga mantan ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) untuk menyampaikan orasi ilmiah, tepatnya pidato kebudayaan, pada hari bersejarah itu.

Unimal
Sementara itu, Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, akan melaksanakan pemilihan rektor pada minggu kedua bulan ini, setelah Kemenristekdikti melakukan penelusuran rekam jejak terhadap tiga kandidat, yakni Dr Herman Fithra MT, Dr Iskandar Zulkarnaen MA, dan Dr Wesli MT.

Menurut sumber Serambi, tanggal pemilihan belum dipastikan, tapi yang jelas pada minggu kedua Desember. Pemilihan itu dilakukan menjelang masa jabatan Rektor Apridar yang diperpanjang sejak 12 Oktober lalu akan berakhir paling lambat 31 Desember 2018. (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved