Perdamsi-PSC 119 Gelar Simulasi Gawat Darurat, Butuh Bantuan Hubungi Nomor ini

Perdamsi Aceh menggelar simulasi penanganan gawat darurat di jalan raya, untuk melatih petugas medis dalam memberikan pertolongan secara cepat.

Perdamsi-PSC 119 Gelar Simulasi Gawat Darurat, Butuh Bantuan Hubungi Nomor ini
Serambinews.com
Tim PSC 119, Pemadam Kebakaran, Polisi, dan sejumlah instansi lainnya saling berkoordinasi menangani korban gawat darurat, dalam simulasi yang berlangsung Kamis (6/12/2018) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. 

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi Indonesia (Perdamsi) Aceh menggelar simulasi penanganan gawat darurat di jalan raya, yang berlangsung Kamis (6/12/2018) di pelataran Stadion Harapan  Bangsa, Banda Aceh.

Pelaksanaan simulasi itu didukung World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI.

Dalam pelaksanaannya, Perdamsi bekerja sama dengan Public Safety Center (PSC) 119, Pemadam Kebakaran, SAR dan kepolisian.

Dalam simulasi itu dikronologiskan skenario mengenai peristiwa kecelakaan mobil yang terjadi di jalan raya.

Kecelakaan itu menyebabkan jatuhnya korban jiwa yang dalam kondisi sekarat, serta mobil yang terlibat kecelakaan mengalami kebakaran.

Baca: Pria ini Mendadak Viral, Sempat Selfie Sebelum dan Sesudah Bus yang Ditumpanginya Kecelakaan

Peserta yang dilatih kemudian memberikan pertolongan secara cepat dan saling berkoordinasi untuk melaksanakan tugasnya masing-masing.

Dalam simulasi itu juga diturunkan mobil pemadam kebakaran, mobil polisi, hingga ambulans PSC 119.

“Dengan simulasi ini diharapkan petugas di daerah semakin memahami cara kerja yang efisien dan menjalin koordinasi dengan instansi lain dalam situasi darurat,” kata  Ketua Perdamsi Aceh, dr Bobi Prabowo SpEM.

Baca: Alami Gawat Darurat Medis? Hubungi 119 untuk Layanan Pra-rumah Sakit

Menurutnya, penanganan gawat darurat yang paling banyak terjadi merupakan kecelakaan jalan raya. Disusul kondisi darurat berupa serangan jantung dan stroke.

Instruktur simulasi ini, Khairul Abidin MKes mengatakan, bagi masyarakat yang mengalami kondisi gawat darurat dan membutuhkan layanan prarumah sakit, dapat menghubungi call center PSC 119 dengan menekan nomor 119 atau ke nomor telepon  0651-22118. “Pelayanan kondisi darurat ini dibuka selama 24 jam,” ujarnya.(*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved