10 Pasien RSJ Terima Bantuan Modal Usaha

Sebanyak 10 pasien Rumah Sakit Jiwa Aceh (RSJ), Banda Aceh yang berasal dari keluarga miskin mendapat bantuan modal usaha

10 Pasien RSJ Terima Bantuan Modal Usaha
HUMAS ACEH
Wakil Ketua TP PKK Provinsi Aceh, Dyah Erti Idawati menyerahkan bantuan tunai modal usaha kepada salah satu dari 10 pasien miskin saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa Aceh (RSJ), Banda Aceh (6/12/2018). 

BANDA ACEH - Sebanyak 10 pasien Rumah Sakit Jiwa Aceh (RSJ), Banda Aceh yang berasal dari keluarga miskin mendapat bantuan modal usaha. Wakil Ketua TP PKK Provinsi Aceh, Dyah Erti Idawati menyerahkan bantuan melalui buku rekening Bank Mandiri saat melakukan kunjungan ke RSJ pada Kamis (6/12).

“Modal ini diberikan langsung oleh Pemerintah Aceh secara tunai melalui rekening Bank Mandiri, sebagai modal usaha bagi pasien yang berstatus fakir miskin,” kata istri Plt Gubernur Aceh Dyah Erti Idawati. Dyah mengatakan, bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya.

Saat itu, katanya, Direktur RSJ menyampaikan keluh kesahnya, terkait kebutuhan pasien miskin di rumah sakit tersebut. Dia merasa bersyukur karena permasalahan yang disampaikan sebelumnya oleh direktur RSJ dapat ditindaklanjuti.

“Ini merupakan tanda kerja sama saya sebagai istri Plt Gubernur dengan pihak rumah sakit. Alhamdulillah berjalan mulus,” ujar Dyah. Dia menambahkan, setelah pasien dipulangkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan TP PKK kabupatem/ kota untuk dapat memantau perkembangan pasien supaya tidak kembali lagi ke RSJ.

Di antara para pasien penerima manfaat bantuan mengatakan, nantinya dana tersebut akan digunakan untuk usaha motor beca, berjualan, dan membuat kue. “Alhamdulillah, saat ini ada sepuluh orang yang mendapat dana bantuan modal usaha, karena sangat sulit bagi pasien jiwa pascaperawatan untuk mendapatkan lapangan kerja,” ujar Direktur Rumah Sakit Jiwa Aceh, Dr Makhruzal.

Dia menyebutkan, saat ini jumlah penderita gangguan jiwa yang terdata di Aceh mencapai 18.000 jiwa dan sebanyak 95 di antaranya dipasung. Dia mengatakan, pihaknya diberi tugas oleh Plt Gubernur untuk memprioritaskan program Pemerintah Aceh tentang bebas pasung. Di tahun 2018, RSJ Aceh sudah berhasil menjemput 35 pasien pasung dan lainnya juga akan segera dijemput.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota untuk mencari tahu tentang pasien pasung, kemungkinan ada yang belum diketahui karena berada di pedalaman Aceh,” demikian Dr Makhruzal.(rel/ rul)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved