650 Warga Pijay Dilatih Bursa Inovasi Desa

Sebanyak 650 warga Pidie Jaya (Pijay) mengikuti pelatihan Bursa Inovasoi Desa di Gedung Tgk Chik Pante Geulima

650 Warga Pijay Dilatih Bursa Inovasi Desa
SERAMBI/ABDULLAH GANI
BUPATI Serang, Banten, Ratu Tatu Chasanah (kiri) bersama Bupati Pijay, H Aiyub Abbas (kanan) mengamati garam produksi rakyat yang digagas Dinas Kelautan dan Perikanan setempat di Gampong Lancang Paru, Kecamatan Bandarbaru, Kamis (6/12).SERAMBI/ABDULLAH GANI 

MEUREUDU - Sebanyak 650 warga Pidie Jaya (Pijay) mengikuti pelatihan Bursa Inovasoi Desa di Gedung Tgk Chik Pante Geulima Thahir Foundation, Komplek Pemerintahan Pijay di Cot Trieng, Kamis (6/12).

Pelatihan sehari penuh itu dibuka oleh Bupati Pijay, H Aiyub Abbas yang berharap dana desa digunakan untuk kebutuhan mendesak. Dia menyatakan alokasi dana harus berdasarkan hasil musyawarah dengan masyarakat dan bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan.

Dia menegaskan seluruh program yang telah dilaksanakan harus mampu dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan pemerintah. “Berbuatlah dengan jujur,” harapnya. Sedangkan pelatihan itu diharapkan akan memunculkan inovasi dan pertukaran pengetahuan, sehingga penggunaan dana lebih tepat.

Kepala BPMD Pidie Jaya, Ir Mukhlis, dalam lapaorannya menyatakan Bursa Inovasi Desa ini merupakan salah satu bentuk himpunan kegiatan pembangunan masyarakat dan desa yang telah dinilai, berdasarkan inovasi dan pembaharuan yang telah dilakukan selama ini. Kegiatan ini juga untuk memberikan inspirasi kepada desa untuk menyesuaikan kembali programnya.

Mukhlis menjelaskan program terbaru dirancang untuk memfasilitasi penguatan kapasitas desa dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Dikatakan, melalui peningkatan produktivitas desa, maka pengembangan perekonomian lokal akan dapat dilaksanakan.

Dia mencontohkan, seperti membangun wirausaha, sumber daya manusia dan infrastruktur desa yang secara langsung memberi dampak terhadap perkembangan perekonomian masyarakat.

Sementara, 650 peserta berasal dari 222 gampong di Pijay yakni keuchik dan dua orang tuha peuet per desa. Khusus kepada keuchik dan tuha peuet, Kepala BPMD berharap agar kembali mempersiapkan agenda penyelarasan RPJM Desa agar proses pembangunan terarah dan terukur dengan baik.(ag)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved