Aceh Selatan Kampanyekan Germas

Pemkab Aceh Selatan bersama SKPK terkait menggelar kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Aceh Selatan Kampanyekan Germas
SERAMBINEWS. COM/IDRIS ISMAIL
444 peserta kader kesehatan dan keuchik dari 222 gampong di Pidie Jaya mengikuti kampaye hidup sehat yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pijay, Selasa (16/1/2018) petang. 

TAPAKTUAN - Pemkab Aceh Selatan bersama SKPK terkait menggelar kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam upaya penanganan dan pencegahan masalah gizi buruk, khususnya kasus stunting. Kegiatan yang dibuka Sekdakab Aceh Selatan, H Nasjuddin SH itu berlangsung di halaman kantor Dinas Kesehatan setempat, Jumat (7/12).

Rangkaian kegiatan diawali senam jantung sehat serta makan buah dan sayur bersama. Selanjutnya, pembacaan deklarasi dan pemukulan gendang bersama oleh Sekda H Nasjudin sebagai tanda telah dimulainya Germas di daerah penghasil pala tersebut.

Bupati Aceh Selatan, H Azwir SSos dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Sekda, H Nasjuddin menyatakan, Germas menjadi momentum bagi seluruh masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa.

Menurutnya, permasalahan kesehatan yang dihadapi saat ini sebagian besar disebabkan pola hidup yang belum sesuai kaedah kesehatan. “Masyarakat cenderung mengonsumsi makanan siap saji, tinggi gula, garam, dan lemak diiringi dengan kebiasaan merokok yang merupakan faktor risiko utama munculnya penyakit,” ulasnya.

Karena itu, tukas Nasjuddin, pihaknya mengajak seluruh pihak terkait untuk secara bersama-sama bergerak sinergi dalam upaya penanganan dan pencegahan masalah gizi buruk, terutama penanganan kasus stunting. Acara tersebut turut dihadiri para kepala SKPK, camat, seluruh kepala Puskesmas, keuchik, dan puluhan mahasiswa Poltekkes Aceh Prodi Keperawatan.(tz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved