Dinas Pendidikan Aceh Sertifikasi 1.000 Siswa SMK, Ini Tujuannya

untuk mempersiapkan siswa-siswi SMK Aceh yang berkualitas sesuai dengan jurusan dan skills yang dia miliki

Dinas Pendidikan Aceh Sertifikasi 1.000 Siswa SMK, Ini Tujuannya
FOR SERAMBINEWS.COM
siswa SMK se-Aceh mengikuti sertifikasi profesi sebelum memasuki dunia. Siswa Aceh kini dibekali dengan sertifikat profesi sehingga memudahkan mereka memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikannya 

Laporan M Nasir Yusuf I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Aceh terus meningkatkan peran pendidikan kejuruan untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas sesuai kebutuhan kerja.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Dinas Pendidikan Aceh melakukan sertifikasi 1.000 siswa SMK melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang ditunjuk.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin mengatakan, tahun ini Disdik Aceh menggandeng beberapa Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang ada di Indonesia dengan menghadirkan tenaga-tenaga Asesor yang berkompeten di bidangnya.

Baca: Tahun ini, IKAT Aceh Kirim 137 Mahasiswa ke Mesir, Ini Jadwal Keberangkatannya

Kegiatan sertifikasi 1.000 siswa SMK ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswi SMK Aceh yang berkualitas sesuai dengan jurusan dan skills yang dia miliki.

Supaya lulusan SMK nantinya dapat mengisi dunia usaha dan industri baik dalam maupun luar negeri sesuai dengan kemampuan dan sertifikat yang mereka miliki.

"Hal ini dalam rangka menyahuti tuntutan INPRES No. 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM alumni SMK saat akan memasuki dunia usaha. Sehingga siswa SMK menjadi bagian dari calon tenaga kerja yang kompeten,” ungkap Syaridin.

Baca: Dinas Pendidikan Abdya Genjot Kapasitas Guru, Ini Metode yang Disarankan

Dikatakan, program ini akan sangat bermanfaat bagi siswa, karena dengan adanya sertifikat dari Lembaga Serifikasi Profesi (LSP), nantinya siswa tersebut selain mendapat ijazah, juga sertifikat yang menyatakan bahwa dia benar-benar kompeten.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin, M.Pd mengatakan, kegiatan sertifikasi 1.000 siswa SMK ini diselenggarakan secara maraton sejak tanggal 1 hingga 10 Desember 2018 yang dipusatkan di 8 Kabupaten/Kota.

"Tahun ini hanya 5 jurusan yang dapat dilakukan sertifikasi yaitu; jurusan Farmasi, Pariwisata,Teknik Sepeda Motor (TSM), Kendaraan Ringan Otomotif dan Jurusan Akuntansi," ujarnya.(*)

Penulis: Nasir Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved