Mahirah Salurkan Pembiayaan Rp 1,9 M

PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS) yang merupakan lembaga keuangan syariah yang dibentuk oleh Pemerintah Kota (Pemko)

Mahirah Salurkan  Pembiayaan Rp 1,9 M
WALI Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyerahkan bantuan sosial bagi para penyandang disabilitas, Jumat (11/5), di kantor PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS) di kawasan Simpang Lima 

BANDA ACEH - PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS) yang merupakan lembaga keuangan syariah yang dibentuk oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh setahun lalu, sudah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 1,9 miliar kepada 1.000 lebih pelaku usaha kecil di kota tersebut.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, saat berkunjung ke kantor Islamic Development Bank (IsDB), Jakarta, Kamis (6/12). Dalam pertemuannya itu, Wali Kota disambut Kepala Wilayah Regional IsDB Indonesia, Ibrahim Shoukry.

Aminullah menyebutkan PT MMS juga sudah mengelola dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun sebanyak Rp 1,5 miliar dari 2.000 nasabah. Selain itu, tujuan Wali Kota berkunjung ke IsDB adalah untuk meminta support dana agar lebih banyak pelaku usaha kecil yang dapat dibantu. Hal ini mendapat apresiasi dari Ibrahim Shoukry untuk dipelajari lebih lanjut agar dapat membuka peluang kerja sama.

Pada hari yang sama Wali Kota Banda Aceh bersama Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan RI, Djoko Hendratto menandatangani Memorandum Of Undestanding (MoU) kerjasama dalam rangka pengembangan usaha mikro melalui Pembiayaan Ultra Mikro (UMI), di Aula Gedung Yusuf Anwar, Jalan Budi Utomo, Jakarta, Kamis (6/12).

Wali Kota berharap dengan kerja sama ini semakin banyak pelaku usaha mikro di Banda Aceh yang dapat diberikan modal usaha. “Semakin banyak usaha mikro yang berkembang, maka akan semakin menurun angka kemiskinan dan pengangguran di Banda Aceh,” katanya.

Melalui kerjasama ini, Kemenkeu melalui PIP akan mengucurkan dana yang kemudian disalurkan kepada pelaku usaha mikro melalui PT MMS. Plafond yang diajukan Dirut Mahirah Muamalah Syariah sebesar Rp 100 miliar untuk jangka waktu 5 tahun.

“Kalau kerjasama ini berjalan sukses, maka kucuran dana dari PIP nanti akan kita salurkan kepada masyarakat kecil, khususnya pelaku usaha mikro di Banda Aceh melalui PT Mahirah,” demikian Aminullah Usman.(una/rel)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved