Tafakur

Menjelang Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun, banyak orang bersiap-siap untuk merayakan keberhasilannya dalam tahun tersebut

Menjelang Akhir Tahun
Tafakur

Oleh: Jarjani Usman

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat, dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk” (QS. Al-Baqarah: 43).

Menjelang akhir tahun, banyak orang bersiap-siap untuk merayakan keberhasilannya dalam tahun tersebut. Padahal belum tentu yang dirayakan itu betul-betul keberhasilan, tetapi bahkan kegagalan besar yang sepatutnya sangat disedihkan.

Harus diakui banyak orang yang sepatutnya menyedihkan kegagalan hidupnya, tetapi tak mau berusaha untuk menyadarinya. Misalnya, walaupun sudah berumur tua, belum mampu mengajak diri untuk menjalankan apa yang disuruh Allah. Belum mampu mendirikan shalat dengan sempurna, mengeluarkan zakat secukupnya, dan tak mampu menjaga diri untuk senantiasa rukuk bersama orang-orang yang rukuk.

Dalam berbicara pun seolah-olah hanya diri kita yang paling benar, sehingga mengabaikan pendapat orang lain. Padahal itu menutupi diri, sekaligus mengabaikan perintah Allah untuk saling mengingatkan. Bahkan ada yang membiarkan diri terus berada dalam lembah kehinaan yang bertaburkan harta haram.

Namun demikian, bagi kita yang masih diberikan kesempatan hidup hingga sudah di akhir tahun ini, sejatinya mau berusaha untuk mempertanyakan sejauhmana sudah berhasil menuruti perintah Allah. Juga mempertanyakan kemampuan diri untuk mencegah diri dari yang dilarangNya.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved