Perkara Wanita Aceh Dijadikan PSK di Malaysia ke PN

Pihak Kejaksaan Negeri Lhokseumawe telah melimpahkan perkara dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Perkara Wanita Aceh Dijadikan PSK di Malaysia ke PN
surya/samsul hadi
Irsya Dulibad (kanan) saat diperiksa Penyidik Unit PPA Polrestabes Surabaya karena tersangkut kasus trafficking, Kamis (2/3/2017). 

LHOKSEUMAWE - Pihak Kejaksaan Negeri Lhokseumawe telah melimpahkan perkara dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang melibatkan jaringan Aceh-Malaysia dengan tersangkanya Fau (29) ke Pengadilan Negeri Lhokseumawe. Sesuai agenda, sidang perdana untuk perkara ini akan berlangsung Kamis (13/12) mendatang.

Diberitakan sebelumnya, penyidik Polres Lhokseumawe, beberapa waktu lalu berhasil membongkar sindikat dugaan perdagangan manusia (human trafficking) jaringan Aceh-Malaysia. Satu tersangka sudah berhasil ditangkap, yakni Fau (29), wanita asal Muara Dua, Lhokseumawe. Modus operandi sindikat tersebut dengan mengajak korban bekerja di Malaysia, tapi ternyata malah dijadikan PSK. Korban yang sudah terdata dan merupakan warga Lhokseumawe adalah N (24) dan D (20). Dalam kasus ini, polisi juga telah menetapkan seorang DPO, yakni pria yang mengantar kedua korban dari Batam ke Malaysia.

Khusus proses hukum terhadap Fau, penyidik telah merampungkan berkas pada awal November 2018. Sehingga pada Rabu (21/11) lalu, tersangka dan barang bukti diserahkan ke Kejaksaan Negeri Lhokseumawe.

Kajari Lhokseumawe M Ali Akbar, melalui Kasi Pidum Isnawati, kemarin, menyebutkan, setelah menerima tersangka, maka pihaknya langsung mempersiapkan dakwaan. Sehingga beberapa hari lalu, perkaranya pun dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Lhokseumawe. Untuk Fau masih ditahan di Lembaga Permasyarakatan (LP) Klas II Lhokseumawe dengan status sebagai tahanan hakim. “Jadi untuk kasus ini sekarang ini hanya tinggal proses persidangan saja. Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan akan berlangsung Kamis ini,” demikian Isnawati.(bah)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved