Unimal Pilih Rektor 10 Desember

Senat Universitas Malikussaleh (Unimal) akan memilih rektor untuk periode 2018-2022 pada Senin (10/12) di Kampus Pascarsarjana

Unimal Pilih Rektor 10 Desember
Rektor Unimal Prof Apridar 

LHOKSUKON - Senat Universitas Malikussaleh (Unimal) akan memilih rektor untuk periode 2018-2022 pada Senin (10/12) di Kampus Pascarsarjana Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe. Pemilihan ini berdasarkan surat dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang disampaikan kepada Ketua Senat Unimal Prof Dr Apridar tertanggal 3 Desember 2018.

Diberitakan sebelumnya, panitia pemilihan rektor sudah menentukan jadwal pemilihan pada 6-14 Agustus 2018. Namun, sebelum memasuki tanggal tersebut Kemenristek meminta panitia untuk menunda pemilihan tersebut dengan alasan proses rekam jejak belum selesai ketika itu. “Benar kita sudah terima surat dari kementerian, untuk mengadakan pemilihan rektor pada 10 Desember,” ujar Ketua Senat Unimal Prof Apridar kepada Seramb, Jumat (7/12).

Disebutkan, dengan datangnya surat tersebut, tahapan pemilihan rektor dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya. Pihak kementerian akan hadir saat pemilihan untuk memberikan suara.

“Berarti proses pemilihan ini tidak bermasalah sedikit pun. Itu makna keluarnya surat itu. Kita harapkan pemilihan ini dapat berjalan dengan lancar dan ini juga bagian dari proses kenegaraan,” ujar Rektor Unimal. Pemilihan tersebut akan diikuti 34 dari 35 anggota senat. Sebab, satu onggota senat sudah mengundurkan diri.

“Sejak awal kita sudah berkomitmen tidak akan mengganti anggota senat ini, supaya tidak diterjemahkan dalam kepentingan politik. Selain hal itu kesepakatan awal, dari pihak fakultas juga tidak sempat memilih calon memilihnya (pengganti),” katanya. Yang terpenting, kata Guru Besar Ekonomi itu, kondisi ini tidak dimanfaatkan pada hal yang tidak baik.

Ditambahkan, pada 10 Desember akan diketahui siapa yang terpilih menjadi rektor dari tiga kandidat, karena pejabat dari Kementeristek Dikti juga akan menggunakan hak suara 35 persen tersebut pada hari itu. Namun, bila perolehan suara imbang, akan diadakan pemilihan ulang pada hari itu juga. Ketiga calon yang akan dipilih, yakni Dr Herman Fithra ST MT, Iskandar Zulkarnaen SE MSi PhD, dan Dr Ir Wesli MT.(jaf)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved