Lagi, Warga Terjangkit Malaria Knowlesi

Jumlah warga yang terjangkit malaria knowlesi alias malaria dari parasit monyet dilaporkan bertambah di Aceh Barat

Lagi, Warga Terjangkit Malaria Knowlesi
IST
HT RIDWAN, Kadinkes Aceh Barat

L* Menjadi Empat Orang

MEULABOH - Jumlah warga yang terjangkit malaria knowlesi alias malaria dari parasit monyet dilaporkan bertambah di Aceh Barat. Setelah sebelumnya menimpa pasangan suami istri (pasutri) asal Desa Meutulang, Kecamatan Panton Reu, kini giliran warga Drien Mangko, Kecamatan Woyla, kabupaten setempat yang terjangkit.

Informasi yang diperoleh Serambi, Sabtu (8/12) kemarin, kasus terbaru terjangkit malaria dari parasit monyet menyerang warga Drien Mangko, yakni Kasmadi (37) dan Binti (34), keduanya merupakan pasangan suami istri. Mereka dilaporkan sudah dibawa pulang ke rumah pada Jumat (7/12) sore, setelah sempat dirawat selama empat hari di Puskesmas Kuala Bhee, Kecamatan Woyla. Pasutri tersebut sehari-hari sebagai pekerja di PT Prima Agro Aceh Lestari (PAAL) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit.

Menindaklanjuti adanya warga yang terjangkit malaria dari parasit monyet, tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh pada Kamis (6/12) lalu, sudah turun ke dua lokasi kejadian tersebut. Kedatangan tim Dinkes yakni, Sabirin dan Cut Barosana itu turut didampingi petugas Dinkes Aceh Barat.

Kadis Kesehatan Aceh Barat, HT Ridwan MKes kepada Serambi, tadi malam, mengakui, bahwa jumlah warga terjangkit penyakit malaria dari parasit monyet (knowlesi) bertambah menjadi empat orang. “Terhadap yang terjangkit sudah ditangani secara intensif, termasuk menurunkan tim dari Dinkes ke desa tempat warga itu menetap,” bebernya.

Diungkapkan Ridwan, dari keterangan Dinkes Aceh yang turun ke Aceh Barat pada Kamis lalu, ternyata malaria knowlesi mulai banyak ditemukan pada sejumlah kabupaten/kota di Aceh, seperti Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, Sabang, serta sejumlah daerah lain.

“Tentu jangkitan ini dari monyet yang menular ke manusia. Karenanya, kami juga akan koordinasi dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Aceh dan Dinas Peternakan soal monyet. Ini perlu terobosan bersama sehingga tidak terus bertambah,” ungkap Kadinkes.

Di sisi lain, sejumlah kalangan di Aceh Barat berharap ada terobosan dari instansi terkait seperti Dinkes Aceh dan Dinkes Aceh Barat serta Dinas Peternakan Aceh Barat untuk menanggulangi penyebaran penyakit malaria dari parasit monyet agar tidak meluas.

Semnetara itu, dua warga Desa Meutulang, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, M Ibrahim (70) dan Putri (65), yang sempat dinyatakan positif terjangkit malaria knowlesi atau malaria dari parasit monyet sehingga harus dirawat intensif di Puskesmas Panton Reu, Rabu (28/11) lalu, kini berangsur-angsur membaik. Pasangan suami istri itu juga sudah dibawa pulang ke rumah mereka, karena hasil pemeriksaan ulang darah, keduanya sudah dinyatakan negatif.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved