Sembilan Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Hujan dengan intensitas sedang hingga deras diprediksi terus berlangsung hingga beberapa hari ke depan

Sembilan Wilayah Berpotensi Hujan Lebat
ZAKARIA AHMAD,Kasi Datin BMKG Bandara SIM

JANTHO - Hujan dengan intensitas sedang hingga deras diprediksi terus berlangsung hingga beberapa hari ke depan. BMKG Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, menyatakan ada sembilan daerah yang berpotensi hujan lebat dan sedang (20-50 mm/hari). Kesembilan wilayah itu meliputi sebagian Aceh Besar, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Subulussalam.

Sementara untuk wilayah Banda Aceh, Sabang, serta kabupaten/kota lainnya di Aceh berpotensi hujan ringan atau tidak merata. Sebagaimana diketahui, hujan dengan intensitas sedang hingga berat sempat mengguyur hampir seluruh wilayah Aceh pada Kamis (6/12) lalu. Hujan diperkirakan akan terus mengguyur hingga tiga hari ke depan, meskipun dengan intensitas yang sedikit menurun, karena posisi tekanan rendah (low pressure) bergerak menjauh Aceh.

Informasi itu diungkapkan Kepala Seksi Data dan Informasi (Datin) BMKG Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, Zakaria SE kepada Serambi, kemarin. “November dan Desember merupakan puncak musim hujan tahun ini, dimana atmosfer Aceh akan sering muncul tekanan rendah atau pusaran angin tertutup (eddy),” ujarnya.

Zakaria menjelaskan, pengaruh sering munculnya tekanan rendah dan eddy ini menimbulkan belokan angin atau penyatuan massa udara (konvergensi), yang membuat perlambatan pergerakan masa udara di wilayah Aceh. “Sehingga uap air yang dibawa angin itu menumpuk dan terkondensasi membentuk awan-awan, yang mengakibatkan turunnya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat,” kata dia.

Selain itu, Zakaria mengingatkan masyarakat di wilayah dataran rendah atau dekat bantaran sungai agar mewaspadai banjir. Sementara daerah yang berada di dataran tinggi atau daerah perbukitan/pegunungan, perlu waspada terhadap tanah longsor. “Kepada para nelayan hanya perlu kehati-hatian saja, karena tinggi gelombang relatif aman, yaitu rata-rata di bawah 2 meter,” demikian Zakaria.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Aceh Besar, AKP Vifa Fibriana Sari SIK mengimbau masyarakat khususnya di wilayah Aceh Besar agar mengurangi kecepatan kendaraan selama puncak musim hujan ini. “Hujan yang cukup deras belakangan ini mengakibatkan jalan licin dan pandangan terbatas. Untuk itu pengendara perlu mengurangi laju kendaraannya,” kata dia.

Selain itu, Vifa berpesan kepada masyarakat agar berhati-hati apabila hendak mendahului kendaraan yang berada di depannya. “Jangan lupa nyalakan lampu sein saat hendak mendahului kendaraan lain atau sebelum berbelok,” pungkasnya.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved