Droe Keu Droe

Sistem Keamanan LP Harus Dibenahi

PERISTIWA pelarian 100 lebih tahanan dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lambaro baru-baru ini

Sistem Keamanan LP Harus Dibenahi
SERAMBI/M ANSHAR
PETUGAS berhasil menangkap kembali narapidana yang kabur dari LP Kelas II A Banda Aceh, di Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar 

PERISTIWA pelarian 100 lebih tahanan dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lambaro baru-baru ini, mendapat sorotan serius dari semua kalangan, termasuk para politisi. Dalam hal ini, menurut hemat saya akibat sistem keamanan LP masih kurang dan perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh.

Jadi, kalau dikatakan faktor para tahanan melarikan diri dari LP disebabkan Kepala LP kurang humanis, itu sangat keliru. Seharusnya malah kepala dan pegawai LP itu harus punya tampang yang disegani oleh para tahanan.

LP itu bukanlah hotel atau penginapan, maka standar operasional prosedur (SOP) pelayanannya berbeda antara LP dengan hotel. Oleh karena itu, seorang politikus harus dapat membedakan antara SOP dan standar pelayanan LP dengan hotel. Supaya tidak salah dalam memberikan komentar terhadap kasus pelarian tahanan di LP Lambaro.

Menurut hemat saya, semakin dekatnya seorang tahanan dengan pegawai LP akan semakin mempengaruhi dan merusak sistem keamanan LP. Seorang tahanan akan menguasai setiap inchi dari setiap sarana dan prasarana LP tersebut, dan akan memudahkan seorang tahanan untuk melakukan pelarian.

Maka oleh karena itu, perlu dievaluasi kembali sistem keamanan dan pembekalan bagi seluruh pegawai LP. Selain itu, bila ingin Standar operasional prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan Pemasyarakatan (SPP) berjalan dengan baik, maka sistem keamanan dan kualitas pegawai LP harus ditingkatkan. Demikian

Muksalmina Mta
Pengamat hukum dan politik. Email: muksalmina.mta@live.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved