Advertorial

Izin Mudah dan Cepat

Jika memang sudah lengkap, langsung dikeluarkan izin, pengurusannya cukup gampang. Dalam waktu lima menit, bisa kta keluarkan izin asal memenuhi semua

Izin Mudah dan Cepat
serambinews.com

PEMERINTAH ACEH melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Aceh selaku ex-officio Kepala Administrator KEK Arun Lhokseumawe memastikan pelayanan peri­zi­nan dan nonperizinan dalam KEK sangat mudah dan cepat. “Sebagai wakil pemerintah di kawasan itu, mewakili menteri, gubernur, bupati, dan walikota kita yang keluarkan izinnya, berdasarkan pelimpahan/pendelegasian yang telah kita terima. “Saat ini izin dari Kementerian Per­dagangan, Kepala Badan Koor­dinasi Penanaman Modal (BKPM), Gubernur, Bupati Aceh Utara, dan Walikota Lhok­seumawe lang­sung bisa Admi­nistrator ke­luar­kan di da­lam ka­wa­san ter­sebut” katanya.

Aulia menjelaskan, jalur per­izinan yang ha­rus ditempuh oleh calon inves­tor pun tak rumit. Calon investor berkoordinasi dengan Badan Usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) KEK Arun, setelah mendapatkan rekomendasi dari BUPP, baru kemudian calon investor mengajukan persyaratan perizinan. Pengajuan ini pun terbilang cukup mu­dah, para calon tenant bisa mengajukan permohonan perizi­nan melalui Online Single Submissions (OSS). Se­lanjut­nya pihak ad­minis­trator akan mem­verifikasi dan memeroses per­mohonan izin ter­sebut (lihat Bagan alur perizi­nan pada Administrator KEK).

“Jika memang sudah lengkap, langsung dikeluarkan izin, pengurusannya cukup gampang. Dalam waktu lima menit, bisa kita keluarkan izin asal memenuhi semua persyaratan,” katanya.

Calon investor juga akan diberikan berbagai fasilitas dan kemudahan lainnya, antara lain:
• Badan usaha diberikan fasilitas pembebasan bea masuk impor barang modal dan tidak dipungut PDRI (PPN, PPnBM, dan/atau PPh Pasal 22)

• Pemerintah Aceh juga akan memberikan keri­nga­nan pajak dan retribusi provinsi untuk investor di KEK Arun sampai dengan 60 persen, hal ini diatur dalam Qanun Aceh tentang Penanaman Modal yang akan disahkan akhir tahun ini.


Banyak Calon Investor Mulai Berminat

BADAN Usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe dan PT. Patriot Nusantara Aceh (PT Patna) me­mastikan, saat ini kawasan telah siap dioperasikan. Menurut Direktur Utama PT Patna, Birman Prabowo, ketersediaan listrik dan air yang memastikan kawasan siap diperasikan.

”KEK Arun ini beda dengan KEK daerah lain, di sana sudah ada pelaku usa­ha. Jadi sudah ada jalan, listrik, dan air. Memang, perlu ada pengembangan dari segi listrik dan air, tapi untuk saat ini sudah memadai, kami siap beroperasi dan sudah berani melakukan pena­waran-penawaran kepada calon investor,” kata Birman Prabowo.

Birman Prabowo juga mengatakan, sebagai BUPP, pihaknya bertanggung jawab mencari pembiayaan untuk program pemba­ngunan serta mengelola infra­struktur yang ada di dalam kawasan seperti penye­diaan listrik, air, gas, sampah, dan lain-lain demi kelancaran operasional.

Birman mengaku, saat ini, para investor dan perusahaan dari luar dan dalam negeri mulai melirik KEK Arun Lhokseumawe. Menurutnya, banyak calon investor mulai mengantri untuk rencana penanaman modal. Bahkan, sejumlah investor sudah dalam tahap rekomendasi.

”Saat ini rekomendasi yang sudah kami terbitkan ada beberapa, satu ada dari Turki, satu lagi kerja sama dengan Korea, ada juga yang dari Malaysia dan beberapa di antaranya dari lokal. Beberapa sudah dalam rekomendasi dan untuk izin ini dalam proses lanjutan ke administrator” katanya.

Halaman
12
Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved