Layani Wajib Pajak dengan Cepat

Pegawai negeri, tenaga kontrak, dan polisi lalu lintas yang bekerja di Kantor Samsat, wajib hukumnya memberikan pelayanan

Layani Wajib Pajak dengan Cepat
IST
PLT Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, Jamaluddin dan asisten II, Taqwallah serta pejabat lainnya sedang meninjau Kantor Samsat Takengon, pekan lalu. 

Pegawai negeri, tenaga kontrak, dan polisi lalu lintas yang bekerja di Kantor Samsat, wajib hukumnya memberikan pelayanan yang baik, cepat dan tepat kepada masyarakat yang mau membayar pajak kenderaan bermotor (PKB) di Kantor Samsat.

Arahan itu disampaikan oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah kepada petugas Kantor Samsat, saat berkunjung ke Kantor Samsat Takengon, Aceh Tengah, pekan lalu. “Sebagai warga negara, yang sudah menggunakan fasilitas negara berupa jalan umum, wajib membayar pajak kenderaan bermotornya. Karenanya, dia juga berhak untuk mendapatkan layanan yang cepat dan tepat dari petugas loket di Kantor Samsat,” kata Nova.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, datang ke Kantor Samsat, Aceh Tengah didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, Jamaluddin, Asisten II Setda Aceh, Taqwallah, serta sejumlah pejabat lainnya. Kunjungan ini dalam rangka untuk melihat lokasi pembangunan Gedung Kantor Samsat Takengon, yang baru di Desa Kute Lot, Kecamatana Kebayakan, Aceh Tengah.

Setelah meninjau Lokasi Kantor Samsat yang baru, Nova dan rombongan berkunjung ke lokasi Kantor Samsat lama, Desa Gunung Bukit, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah.

Setelah melihat perbadingan kedua bangunan itu, Plt Gubernur Aceh mengatakan sangat wajar jika Kantor Samsat Takengon yang lama dipindahkan ke lokasi Kantor Samsat yang baru. Salah satu faktornya, karena lokasi kantor yang lama terkesan kurang nyaman bagi wajib pajak.

Di lokasi Kantor Samsat yang lama, ruang layanan bayar pajaknya sempit, panas, dan tidak memiliki ruang parkir kenderaan bermotor yang memadai. Pelanggan yang ingin membayar pajak kenderaan bermotor, harus memarkir kendaraannya di seberang jalan.

Langkah yang diambil Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, Jamaluddin, membangun Kantor Samsat yang baru di lokasi yang baru, dinilai sudah tepat, karena lokasi kantor lama sudah tak bisa lagi dikembangkan.

Prinsip layanan yang baik dan memuaskan itu, menurut Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, adalah memberikan kenyamanan, ketenangan, dan kepuasan bagi wajib pajak yang datang ke Kantor Samsat membayar pajak kenderaannya. Menurutnya, kantor Samsat, yang representatif itu adalah, lahan parkir luas dan teratur, suhu dalam ruangan sejuk, serta pelayanan yang ramah dan cepat, sehingga wajib pajak merasa puas.

Untuk menghasilkan layanan yang memuaskan, kata Nova Iriansyah, maka perangkat kerja harus bisa bekerja maksimal, kapasitas listrik cukup, dan akses internet yang cepat.

Nova pun memerintahkan jajaran Samsat untuk melakukan digitalisasi secara bertahap. Salah satunya adalah meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) petugas di Kantor Samsat, dengan berbagai diklat dan kemajuan teknologi digital lisasi yang sedang berkembang. “Petugas harus punya integritas yang tinggi terhadap tugasnya dan wajib memberikan layanan yang memuaskan kepada wajib pajak,” ujar Nova Iriansyah.

Halaman
1234
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved