Langsa United Juara Liga Aceh

Skuadra Langsa United FC tampil sebagai juara turnamen Badan Liga Aceh (BLA) tahun 2018

Langsa United Juara Liga Aceh
SERAMBI/BUDI FATRIA
PEMAIN Langsa United meluapkan kegembiraan usai menang adu penalti atas Putra Aceh Utara FCdalam pertandingan final Liga Aceh Tahun 2018, di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Kamis (13/12) dini hari. 

BANDA ACEH - Skuadra Langsa United FC tampil sebagai juara turnamen Badan Liga Aceh (BLA) tahun 2018. Dalam laga babak final, Rabu (12/12) malam, pasukan Abu Yan-Saiful Khatab sukses mengatasi perlawanan mengalahkan Putra Aceh Utara lewat tendangan penalti, 5-3 (0-0).

Kemenangan mereka semakin sempurna saat Rolas Divaio dinobatkan sebagai pemain terbaik. Keberhasilan anak-anak muda tersebut tak lepas dari dukungan Ketua KONI Langsa, Zulfitri, dan Ketua Askot PSSI Langsa, Irfansyah. Laga bergengsi ini dipimpin wasit asal Aceh Besar, Mustafa Kamal.

Partai puncak kedua kesebelasan berlangsung di bawah rintik hujan. Langsa United mengerahkan pemain handal Ammarsyah, Ade Fachrul, M Rizal, Bastian Pratama, Nurfachriansyah, Muzakri, Zulfahmi, M Fachrial, T Reza Pratama dan Jamaluddin terus berburu gol lewat kerjasama yang apik.

Sejumlah peluang gol berpihak kepada skuad Langsa United besutan pelatih Saiful Katab. Menit 34, dari sebuah kemelut Jamalauddin lolos dari kepungan sejumlah pemain belakang Putra Aceh Utara. Posisi striker Langsa United yang sudah berhadapan dengan kiper Aceh Utara yang dijaga Alvin Nafis, tapi bola meluncur ke sisi kiri gawang.

Di babak kedua, pasukan Putra Aceh Utara memberikan perlawanan. Menurunkan Rafi Wardana, Saifannur, Mulya Munizar, Zul Jalali, Haiqal Aqsa, Alfin Abdul Halim, Ilham Mahfudzillah, Arif Munandar, Darwis, dan Mulyadi berupaya menekan kubu lawan, tapi, serangan yang kurang tajam membuat gawang Langsa United aman dari kebobolan. Meskipun saling serang, hingga wasit meniup peluit panjang, kedudukakan 0-0.

Dari perpanjangan waktu 2x15 menit, namun tidak berubah kedudukan 0-0 hingga akhir laga. Babak adu penalti berlangsung dramatis. Langsa United yang kebagian untuk tendangan pertama sukses mencetak gol. Tembakan pertama Putra Aceh Utara juga sukses membobol gawang lawan. Tendangan kedua hingga keempat Langsa United juga berhasil gol. Tapi tendangan keempat Aceh Utara gagal karena sukses ditepis kiper Langsa. Akhirnya, eksekusi pemain Langsa sukses memperdayai kiper Aceh Utara.

Dari kemenangan itu, Langsa United unggul 5-3 dan tampil sebagai juara. Sementara Putra Aceh Utara menempati posisi kedua, dan juara ketiga bersama Persada FC Abdya dan Pemko FC Banda Aceh. Sebagai juara, Langsa United menerima hadiah Rp 100 juta, tropi tetap dan tropi bergilir yang diserahkan Kadispora Aceh, Darmansah SPd MM.

Putra Aceh Utara harus puas di posisi kedua meraih hadiah Rp 75 juta plus tropi. Sedang Pemko FC Banda Aceh dan Persada FC Aceh Barat Daya berada di tempat ketiga bersama yang meraih hadiah total Rp 65 juta plus tropi.

Kadispora Aceh, Darmansah mengatakan, Liga Aceh akan dilanjutkan pada 2019 dan akan digelar antara bulan Maret-April 2019. Juara dari kompetisi tahun ini, katanya, akan ikut bertanding ke luar negeri dengan biaya dari Pemerintah Aceh. “Para juara akan akan bertanding ke luar negeri, dan negeranya akan kita tentukan nanti,” ujar Darmansah.

Ketua Badan Liga Aceh (BLA), Sunardi M Saleh mengatakan, sangat lega kompetisi ini berjalan lancar, aman dan sukses mulai babak penyisihan wilayah, putaran delapan besar, semifinal hingga laga final.(min)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved