Lhokseumawe Bentuk TP Usaha Kesehatan Sekolah

TIM Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) tingkat kota maupun kecamatan telah terbentuk di Kota Lhokseumawe

Lhokseumawe Bentuk TP Usaha Kesehatan Sekolah
IST
PESERTA mengikuti pertemuan dan workshop sekolah sehat di Wisma Kuta Karang,Lhokseumawe, membahas pembentukan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS).

TIM Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) tingkat kota maupun kecamatan telah terbentuk di Kota Lhokseumawe. Pembentukan itu dilakukan saat pertemuan dan workshop sekolah sehat di Wisma Kuta Karang, Lhokseumawe, 28-28 November 2018.

Tim Pembina UKS itu terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kemenag, dan Bagian Kesra Setdako. Pembentukan ini bertujuan meningkatkan kualitas penerapan UKS di sekolah. Selain itu, guna mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan, khususnya pelayanan kesehatan pada usia pendidikan dasar.

Kepala Dinas Kesehatan Lhokseumawe, dr Said Alam Zulfikar menyebutkan, UKS merupakan wadah untuk berbagai kegiatan kesehatan di sekolah. Misalnya, sosialisasi kesehatan reproduksi, gizi, pencegahan penyalahgunaan NAPZA, pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan, promosi kesehatan pengobatan sederhana, dan lain-lain.

Said Alam Zulfikar mengakui, Tim Pembina UKS memiliki peran diantaranya pembinaan untuk peningkatan mutu pendidikan, dan prestasi belajar peserta didik melalui peningkatkan perilaku hidup bersih, serta dan sehat.

“Guna memaksimalkan kinerja tim ini, perlu adanya pemenuhan sarana dan prasarana ruang UKS di seluruh sekolah di Kota Lhokseumawe, pelatihan kader kesehatan sekolah, pendidikan kesehatan pada wali siswa tentang imunisasi, obat cacing, dan lain-lain,” ungkas Kadiskes Lhokseumawe.

Selain itu, lanjutnya, pengadaan media informasi kesehatan melalui stiker, poster, dan lain-lain. Pengadaan buku raport kesehatanku untuk seluruh sekolah di Kota Lhokseumawe, sosialisasi tentang UKS dari mimbar dakwah sekolah, serta sejumlah hal lainnya .(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved