Baitul Mal Serahkan Peralatan Kerja

Baitul Mal Aceh menyerahkan peralatan kerja kepada 118 fakir miskin (mustahik) dalam bentuk uang

Baitul Mal Serahkan Peralatan Kerja
IST
Baitul Aceh dan Baznas 

BANDA ACEH - Baitul Mal Aceh menyerahkan peralatan kerja kepada 118 fakir miskin (mustahik) dalam bentuk uang. Bantuan dengan total nilai Rp 296.500.000 itu secara simbolis diserahkan Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani didampingi Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Muhammad Iswanto, di kantor lembaga tersebut, Banda Aceh, Kamis (13/12).

Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani mengatakan, bantuan itu bertujuan untuk mengurangi beban ekonomi mustahik serta meningkatkan pendapatan mereka. “Sehingga suatu hari nanti mereka tidak lagi berstatus miskin. Bahkan lebih bagus lagi kalau mereka mampu membayar zakat,” ujar dia.

Bantuan itu, lanjutnya, diberikan kepada mereka yang sudah memiliki skill, namun tidak memiliki kemampuan untuk membeli peralatan kerja. Sehingga diharapkan mereka lebih giat lagi dalam bekerja. “Jadi jangan ada alasan malas bekerja. Saya juga mengingatkan supaya bantuan ini tidak dialihkan untuk membeli hal-hal lain,” tegas Zamzami.

Disebutkan, penyaluran bantuan tahap kedua untuk 118 mustahik itu sebesar Rp 296.500.000. Sebelumnya pada tahap pertama disalurkan Rp 203.500.000 untuk 55 mustahik. “Total anggaran untuk program bantuan alat kerja tahun ini sebesar Rp 500.000.000 dari sumber zakat,” jelasnya.

Zamzami merincikan bahwa bantuan tersebut diberikan untuk enam sektor usaha yaitu perdagangan, industri rumah tangga, perbengkelan, pertukangan, pertanian, dan perikanan. Sebelum penerima bantuan ditetapkan, Baitul Mal Aceh terlebih dahulu memverifikasi kevalidan status ekonomi calon penerima dan skill yang dimiliki.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved