54 Ribu Warga dari 6 Lokasi Terkena Dampak Erupsi Gunung Soputan

Berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tinggi kolom abu teramati kurang lebih 7.000 meter

54 Ribu Warga dari 6 Lokasi Terkena Dampak Erupsi Gunung Soputan
Tribun Manado/Andreas Ruauw
Pijaran api dan abu vulkanik tampak di puncak Gunung Soputan terpantau dari Desa Silian Tiga, Kecamatan Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Minggu (16/12/2018). Teramati erupsi Gunung Soputan kali ini mengeuarkan abu vulkanik dengan kolong letusan setinggi 1500 meter diatas puncak dengan ketinggian 8.809 Mdpl. 

SERAMBINEWS.COM - Sebanyak 54.000 warga dari enam lokasi yaitu Kecamatan Silian, Kecamatan Tombatu, Kecamatan Ratahan dan Kecamatan Belang terkena dampak erupsi Gunung Soputan, Sulawesi Utara pada, Minggu (16/122018).

Berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tinggi kolom abu teramati kurang lebih 7.000 meter di atas puncak, dengan ketinggian puncak 8.809 meter di atas permukaan laut (MDPL) dengan Status Level III (siaga).

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Wakil Bupati Mitra Jesaja Jocke Legi mengatakan, pihak pemerintah selalu siaga memantau aktivitas vulkanik Gunung Soputan.

Baca: PM Malaysia Protes Sikap Australia yang Akui Yerusalem Barat Sebagai Ibu Kota Israel

"Pemerintah Kabupaten Mitra telah melakukan kontribusi untuk menjaga aktivitas warga tetap berjalan seperti biasa dengan cara membagikan masker, saat ini sudah sekitar 20.000-an masker telah dibagikan," ungkap Jesaja Legi.

Legi juga mengimbau kepada para warga yang berprofesi pekerjaan di kaki gunung juga harus dibatasi. "Saya juga mengimbau kepada warga yang beraktivitas di lereng gunung dianjurkan untuk membatasi pekerjaan terutama yang berprofesi petani," lanjutnya.

Berdasarkan berita Tribunmanado.co.id dari akun twitter Magma Indonesia @id_magma, Gunung Soputan meletus dan mengabarkan bahwa abu vulanik melambung tinggi.

Baca: Hendak Menyalip Akhirnya Tabrak Truk Colt Diesel, Dua Pengendara Yamaha R15 Tewas Mengenaskan

"Telah terjadi erupsi G. Soputan, Sulawesi Utara pada tanggal 16 Desember 2018 pukul 03:09 WITA dengan tinggi kolom abu teramati 3.000 m di atas puncak ( 4.809 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara," tulis akun @id_magma dalam postingannya.

Untuk saat ini Gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga), Magma Indonesia memberikan rekomendasi untuk sejumlah warga yang bertempat tinggal disekitar Gunung tersebut, yakni:

1. Masyarakat agar tidak beraktivitas di dlm radius 4 km dan wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6.5 km yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

2. Mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai Ranowangko, S. Lawian, S. Popang dan Londola Kelewahu.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved