Sekolah Mangrove Ini Pantas jadi Contoh, Untuk Masa Depan Ekonomi Masyarakat Pesisir

Sekolah Mangrove sudah diadopsi oleh 26 Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Indramayu. Di sini siswa diedukasi mengenai pemahaman penanaman mangrove.

Sekolah Mangrove Ini Pantas jadi Contoh, Untuk Masa Depan Ekonomi Masyarakat Pesisir
National Geographic/Amri Rachman
Siswa di sekolah mangrove 

SERAMBINEWS.COM - Sekolah Mangrove mungkin belum terdengar familiar dalam konteks pendidikan. 

Sekolah ini baru dibentuk pada 20 Juli 2016. Dan menjadi yang pertama tidak hanya di Kabupaten Indramayu, tapi di Indonesia. 

Sekolah Mangrove sudah diadopsi oleh 26 Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Indramayu. Di sekolah binaan Pertamina RU VI Balongan ini, siswa diedukasi mengenai pemahaman penanaman mangrove atau bakau di lingkungan sekolah.

Pertamina RU VI Balongan sadar betul akan pentingnya semangat konservasi lintas generasi. Karena itu, langkah konkret yang dilakukan adalah dengan membuat Sekolah Mangrove.

Dipilihnya tingkat SD karena pendidikan dasar akan menjadi pondasi bagi anak-anak ke depannya. Anak-anak yang belajar di Sekolah Mangrove kelak akan meneruskan perjuangan melestarikan lingkungan di Indramayu.

Baca: Peringati Hari Mangrove Sedunia, Komunitas Peduli Sampah Plastik Simeulue Tanam Mangrove

Saat ini, Sekolah Mangrove sudah menerapkan mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Tematik Mangrove sebagai muatan lokal.

Kurikulum ini disusun secara bottom up, dimulai dengan pelatihan yang melibatkan guru, peneliti, pemerhati, aktivis bakau, pengambil kebijakan, dari lembaga yang terkait dengan dukungan dari Pertamina RU VI Balongan.

Sedangkan substansi pembelajaran disusun oleh tim yang terdiri dari para peneliti, praktisi pendidikan (guru dan pengawas) dan pemerhati.

Hasil pencapaian ini adalah bukti eksistensi Pertamina RU VI Balongan terhadap lingkungan dan dunia pendidikan.

Baca: Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Aceh Tangkap Colt Bermuatan 6 Ton Arang Bakau di Tamiang

Unit Manager Communications & CSR Pertamina RU VI Balongan, Rustam Aji mengatakan bahwa Sekolah Mangrove merupakan program corporate social responsibility (CSR) berkelanjutan.

Halaman
123
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved