Pertamina Bantu Usaha Kecil

PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I sepanjang tahun 2018 menyalurkan dana Sosial dan Program Kemitraan

Pertamina Bantu Usaha Kecil
Petugas beraktivitas di Terminal BBM Krueng Raya, Aceh Besar, . ANTARA/Irwansyah Putra 

* Total Rp 40 Miliar

BANDA ACEH - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I sepanjang tahun 2018 menyalurkan dana Sosial dan Program Kemitraan sebesar Rp 40 Miliar. Dana tersebut diperuntukan bagi 11.000 Usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang tersebar di sejumlah provinsi di wilayah utara Sumatera.

GM Pertamina MOR I, Agustinus Santanu Basuki mengatakan, dari dana Rp 40 miliar yang telah disalurkan kepada masyarakat, Rp 28 miliar digunakan untuk keperluan CSR dan Bina Lingkungan, sementara Rp 12 miliar untuk Program Kemitraan.

Dana tersebut disalurkan melalui berbagai program CSR, kemitraan dan Bina Lingkungan yg melingkupi bidang Pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan dan Lingkungan.

Satu dari 11.000 UMKM penerima manfaat Pertamina yaitu Ida Arleni dari usaha Sulam Ambun Suri, Bukit Tinggi, yang berhasil terpilih sebagai Local Hero Nasional perwakilan dari Pertamina MOR I.

Selain itu, Pertamina juga menggelar program Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) bekerja sama dengan Flipmas Batobo yang merupakan program bantuan perusahaan dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar. Hingga saat terdapat enam KEM yang telah dibentuk, yaitu KEM Lubuk Gadang Selatan (Lugas), KEM Agrowisata Tikalak, KEM Ketaping, KEM Bantalan, KEM Batu Bersurat, dan KEM Simpang tiga.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat dalam program KEM berupa pembinaan pemanfaatan lahan yang marjinal, serta penyediaan peralatan hingga pembibitan untuk pengelolaan sektor pertanian, peternakan, dan perikanan kepada kelompok binaan.

Di bidang pelestarian lingkungan, Pertamina MOR I juga fokus terhadap pelestarian Spesies satwa endemik Gajah Sumatera. Dalam program ini Pertamina bekerjasama dengan Yayasan Aek Nauli.

Sementara dalam bidang lain, PT Pertamina MOR I juga melaksanakan penugasan pemerintah untuk program konversi BBM ke gas LPG dengan mendistribusikan paket konversi kepada nelayan kecil di seluruh Wilayah Sumbagut dengan total mencapai 3.238 paket perdana konversi.

Saat ini Pertamina juga telah meluncurkan program “Berkah Energi Pertamina (BEP)” yang dimulai dari 9 Agustus 2018 lalu hingga 31 Juli 2019. Semua konsumen BBM dapat mengikuti undian tersebut dengan menginstal aplikasi My Pertamina.

“BEP memang dihadirkan untuk mengapresiasi konsumen loyal kita yang terus meningkat. Dengan program ini juga diharapkan peningkatan menjadi signifikan. Saat ini sekitar 20% konsumen Perta Series di MOR I yang sudah ikut serta program BEP melalui pemasangan aplikasi MyPertamina,” ujar GM Pertamina MOR I, Agustinus Santanu Basuki.

Program BEP dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia selama satu tahun hingga 31 Juli 2019 dengan hadiah utama 61 Pasang Paket Umroh serta 1 Mobil Mercy C300 Cabriolet, 6 Harley Davidson Softail, 16 Mobil Toyota Innova Diesel dan 61 Motor Yamaha Nmax ABS. Reward ini diberikan kepada konsumen yang menggunakan produk-produk unggulan Pertamina seperti Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Pertamina Dex, Dexlite, Pelumas Fastron serta Bright Gas.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved