Tafakur

Positif Terhadap Alam

Keadaan alam sangat beragam, sehingga perlu difahami bila ingin menghuninya dengan nikmat

Positif Terhadap Alam

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7).

Keadaan alam sangat beragam, sehingga perlu difahami bila ingin menghuninya dengan nikmat. Sebahagian daerah sangat dingin dan dipenuhi salju, seperti daerah-daerah dekat kutub. Demikian juga di daerah lain, yang sebahagiannya pegunungan dan tanah labil. Longsor adalah bagian tak terpisahkan di sana. Di daerah lain lagi sering banjir, terutama di daerah-daerah rendah. Karena itu, jika mau bersahabat dengan alam dengan tantangannya yang berbeda-beda agar hidup terasa nikmat, maka perlu mengajak diri untuk berpikir positif.

Jika berpikir positif, kita akan memahami dan menyadari bahwa alam bisa membantu membuat kita pintar dan kuat. Orang-orang yang hidup di daerah bersalju akan pintar bagaimana cara hidup dan mencari nafkah di sana yang penuh tantangan. Tubuh pun akan kuat menghadapi tantangan hawa dingin siang dan malam.

Demikian juga di daerah-daerah yang sering banjir, yang membuat orang-orang di sana pandai memilih waktu-waktu yang cocok untuk mencari nafkah. Juga menentukan apa saja mata pencaharian yang cocok di sana.

Pokoknya, hidup yang singkat dengan keadaan alam yang beragam ini harus tetap dijadikan ladang untuk beramal. Berpikir positif dan bersyukur bisa membantu menjadikan hidup di alam sementara ini terasa nikmat dalam perjalanan hidup menuju akhirat.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved