Opini

Pak Sekda ‘Guru’ yang Baik

SETELAH terpilih menjadi Wali Kota Sabang pada awal 2007, kami dilantik tidak lama setelah pemilihan, menggantikan Pj Wali Kota

Pak Sekda ‘Guru’ yang Baik
Net

(In Memoriam Drs Sofyan Daud)

Oleh Munawar Liza Zainal

SETELAH terpilih menjadi Wali Kota Sabang pada awal 2007, kami dilantik tidak lama setelah pemilihan, menggantikan Pj Wali Kota. Di awal kami menjabat, kami sepakat untuk membuat perubahan dengan mengganti pejabat-pejabat yang strategis agar pemerintahan berjalan sesuai dengan visi-misi kami.

Saat itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang dijabat oleh seorang pelaksana tugas (plt), cukup berumur, beberapa tahun menjelang pensiun.

Saat pertama bertemu, orangnya biasa saja, tidak ada kesan seorang pejabat. Dari pembicaraan pertama, langsung saya simpulkan bahwa bapak ini memang sangat paham pemerintahan, berpikir bersih, tetapi sedikit kaku. Kami putuskan kemudian untuk menjadi sekda yang definitif.

Pilihan kami tidak salah. Selama empat tahun setengah berhasil menjaga kami, dengan dibantu asistennya yang lain, berhasil menjaga wali kota dan wakil wali kota dengan baik sesuai dengan prinsip good governance.

Menjadi jembatan penghubung antara nomor satu dan nomor dua, membina hubungan yang baik antara kantor wali kota dengan semua komponen masyarakat yang lain. Membina pegawai negeri sipil (PNS) dan menegakkan disiplin.

Koseptor ulung
Beliau seorang konseptor ulung. Setiap tanggapan DPRK, dijawabnya dengan bagus, semua persoalan surat-menyurat, dipantaunya dengan baik. Selama kami menjabat, relatif tidak ada surat aneh-aneh yang diteken oleh wali kota.

Karena itu, saat memanggil kalau berdua, saya tidak memanggilnya dengan Bapak, selalu saya panggil Bang. Biar beliau merasa lebih muda dan tidak ada hijab di antara kami kepala daerah dengan sekda. Saya banyak berguru kepadanya.

Setelah mendekati masa pensiun, kami memperpanjang sampai dua tahun, sehingga pak Sekda membantu kami hampir genap lima tahun.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved