Tafakur

Amal Kreatif

Akhir akhir ini bencana semakin banyak dan beragam terjadi. Terutama bencana yang berkenaan dengan kerusakan alam yang semakin parah

Amal Kreatif
Tafakur

Oleh: Jarjani Usman

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan kesalahanmu) (QS. As Syuraa: 30).

Akhir akhir ini bencana semakin banyak dan beragam terjadi. Terutama bencana yang berkenaan dengan kerusakan alam yang semakin parah. Tak tertutup kemungkinan itu adalah akibat ulah tangan sebahagian kita, yang terlalu serakah mengeksploitasi alam secara besar besaran.

Apalagi Allah telah mengingatkan bahwa sebahagian dampak buruk dari ulah tangan kita akan ditimpakan kepada kita. Dampak buruk itu sepatutnya menyadarkan kita tentang tugas dan kewajiban hidup di dunia. Kita berkewajiban memelihara alam ini. Alam ini diperuntukkan bukan hanya untuk yang hidup di masa sekarang, tetapi juga mereka anak cucu kita di masa yang akan datang.

Mudah mudahan apa yang terjadi selama ini membuat kita berpikir kembali tentang cara memanfaatkan alam secara seimbang. Perlu diiringi dengan upaya memberdayakan sumber daya manusia yang semakin bertambah banyak. Setiap orang memiliki potensi, yang perlu dikenali dan dikembangkan lebih lanjut. Kita perlu menjadi kreatif dalam hidup ini agar jangan terlalu bergantung pada alam. Insya Allah, setiap kreativitas akan menjadi amalan jariyah, karena bisa menghasilkan pahala terus menerus bila dimanfaatkan orang banyak dalam jangka waktu yang lama.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved