Arus Kunjungan Wisata ke Sabang Meningkat

Jumlah kunjungan wisata menuju Sabang mulai mengalami peningkatan, dibanding hari-hari biasanya

Arus Kunjungan Wisata ke Sabang Meningkat
SERAMBI/BUDI FATRIA
Kapal Motor Penumpang (KMP) Tanjung Burang meninggalkan Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Pulau Sabang, Sabtu (22/12). Libur akhir tahun, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Sabang mulai meningkat 50 persen dari hari biasanya. 

BANDA ACEH - Jumlah kunjungan wisata menuju Sabang mulai mengalami peningkatan, dibanding hari-hari biasanya. Peningkatan jumlah wisatawan ke Pulau Weh itu sehubungan dengan semakin dekatnya libur akhir tahun.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh, Rusmansyah mengatakan, peningkatan jumlah penumpang yang ingin berlibur ke Sabang sudah terjadi sejak Sabtu (22/12), dengan didominasi wisatawan domestik. “Ada peningkatan lonjakan penumpang untuk hari ini (kemarin, red) mencapai 50 persen dari hari biasa,” ungkapnya.

Rusmansyah menambahkan, jika lonjakan penumpang terus terjadi, maka akan dilakukan penambahan jadwal keberangkatan kapal. “Untuk sekarang masih diberlakukan jadwal reguler. Kapal cepat masih tetap berlayar tiga trip, trip I pukul 08.00 WIB, trip II pukul 10.00 WIB dan trip III pukul 16.00 WIB,” jelasnya.

Begitu juga dengan kapal lambat, masih berlayar seperti hari biasanya. Yakni tiga trip, yaitu trip I berangkat pukul 07.30 WIB dan trip II pukul 10.30 WIB, trip III 14.30 WIB. Rusmansyah memperkirakan puncak lonjakan penumpang akan terjadi pada tanggal 29-30 Desember 2018.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, jelas Rumansyah, pihaknya telah membuat kesepakatan dengan pihak angkutan barang, seperti truk pembawa material untuk utamakan wisatawan yang akan berkunjung ke Sabang.(bud)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved