Jalur Sabang-Iboih Putus

Jalan utama yang menghubungankan Kota Sabang dengan objek wisata Pantai Iboih dan Tugu Kilometer Nol Sabang

Jalur Sabang-Iboih Putus
IST
BONGKAHAN batu besar menutupi jalan Kota Sabang-Iboih sehingga menghambat arus lalu lintas, Sabtu (22/12). 

* Akibat Longsor

SABANG - Jalan utama yang menghubungankan Kota Sabang dengan objek wisata Pantai Iboih dan Tugu Kilometer Nol Sabang, tepat di Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, putus total akibat longsor yang terjadi pada Sabtu (22/12) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sabang, Muhammad Amin kepada Serambi, kemarin mengatakan, dalam longsoran yang terjadi di kawasan pegunungan itu, satu bongkahan batu besar seukuran mobil minibus jatuh ke atas badan jalan. Karena ukurannya yang besar sehingga menutupi seluruh badan jalan.

Akibatnya, arus lalu lintas dari kota menuju Iboih maupun sebaliknya langsung terhenti. Para pengendara yang ingin menuju Iboih atau sebaliknya, dialihkan melalui rute yang lebih jauh yaitu jalan Pasir Putih (Gua Sarang).

Menurut Muhammad Amin, kondisi tebing sisi jalan di kawasan itu memang rawan longsor. Bahkan, berdasarkan catatan BPBD Sabang, dalam beberapa tahun terakhir ini sudah ada 10 kali longsoran terjadi di kawasan itu.

“Kondisi tebingnya memang sangat rawan longsor, karena tebingnya itu pasir. Jadi walaupun tidak ada hujan, tetap berpotensi terjadi longsor,” ujar Muhammad Amin.

Kemarin, BPBD Sabang langsung berkoordinasi dengan Balai Jalan dan Jembatan Wilayah Aceh untuk meminjam alat berat. Karena besar bongkahan batu yang jatuh, kata Amin, sehingga dibutuhkan alat berat kapasitas besar untuk memindahkan bongkahan batu dan material lainnya.

Dia menambahkan, rencananya pada 2019 akan dibangun penahan longsor berupa tebing berundak berbentuk tangga, sebagai upaya mengantisipasi longsor yang terus mengancam. Bahkan rencana itu sudah dibicarakan antara Wali Kota Sabang, Dinas PU, BPBD, dan Balai Jalan dan Jembatan Wilayah Aceh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sabang, Muhammad Amin mengimbau kepada pengendara yang melewati kawasan itu supaya waspada. Karena struktur tanah di kawasan itu yang berpasir sangat rawan longsor.

“Kalau ada longsor seperti ini mau tidak mau pengendara yang ingin ke arah Iboih harus memutar melalui jalan lain, meskipun jauh ya tidak ada jalan lain,” ujar Muhammad Amin.

Apalagi jalan itu setiap harinya dilintasi ribuan wisatawan yang ingin mengunjugi sejumlah destinasi seperti Iboih, Rubiah, Gapang, hingga Tugu Kilometer Nol. Apalagi, saat ini sedang dalam liburan panjang, jumlah wisatawan yang menuju ke Sabang meningkat drastis.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved