Seni Baru Gerak Tubuh Grup Zikir Laskar Ababil Meriahkan Maulid Nabi di Keude Siblah Abdya

Zikir Maulid Laskar Ababil melibatkan antara 300 sampai 400 orang. Mereka duduk membantuk formasi enam barisan lingkaran bulat.

Seni Baru Gerak Tubuh Grup Zikir Laskar Ababil Meriahkan Maulid Nabi di Keude Siblah Abdya
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Grup Zikir Maulid Laskar Ababil dari Desa Blang Bladeh, Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, tampil memukau dalam acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Keude Siblah, Blangpidie, Kabupaten Abdya, Minggu (23/12/2018). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Tim Zikir Maulid Laskar Ababil dari Desa Blang  Bladeh, Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, semakin sering tampil pada acara peringatan maulid di berbagai tempat.

Zikir maulid dengan seni gerak tubuh itu memeriahkan acara kenduri peringatan Maulid Muhammad SAW di Desa Gampong Keude Siblah, Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yang dipusatkan di Lapangan Persada Blangpidie, Minggu (23/12/2018).

“Kita undang khusus karena zikir maulid Laskar Ababil merupakan seni baru gerak tubuh yang sangat memukau,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Julinardi kepada Serambinews.com.

Pembina Zikir Maulid Laskar Ababil, Tgk Hamdan menjelaskan, zikir dengan seni baru dalam gerak tubuh itu berasal dari zikir geleng maulid yang sudah lama berkembang di Desa Blang Bladeh, Meukek, Aceh Selatan.

Dengan kreasi baru dalam berzikir sehingga gerak tubuh yang ditampilkan beda dengan gerak zikir sebelumnya.

Zikir Maulid Laskar Ababil melibatkan antara 300 sampai 400 orang.

Mereka memakai kostum sampai empat warna berbeda (kuning, putih, merah dan biru).

Mereka duduk membantuk formasi enam barisan lingkaran bulat.

Dipandu khalifah atau syeh beranggotakan enam orang duduk  tempat terpisah dan membaca Albanjanji, sejarah kelahiran Nabi Muhammad dan qasidah bernuansa islami yang diciptakan khusus.

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved