Kanwil DJKN Aceh Maksimalkan Pengelolaan Aset

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Aceh berkomitmen mendukung pembangunan Aceh

Kanwil DJKN Aceh Maksimalkan Pengelolaan Aset
web
www.lelang.go.id 

BANDA ACEH - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Aceh berkomitmen mendukung pembangunan Aceh dengan memaksimalkan pengelolaan aset. Kepala Kanwil DJKN Aceh, Kurniawan Nizar menyampaikannya dalam siaran pers yang diterima Serambi, Senin (24/12).

Dikatakan, konsistensi komitmen tersebut antaranya penyerahan asli dokumen kepemilikan bidang tanah seluas 45.162 meter persegi yang terletak di Pango Raya, Ulee Kareng, Banda Aceh kepada Pemko Banda Aceh, yang diterima Wali Kota, Aminullah Usman diakhir periode anggaran 2017.

Dikatakan, bidang tersebut digunakan sebagai Politeknik Aceh merupakan Barang Milik Negara (BMN) yang berasal dari Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD-Nias yang diserahkan melalui mekanisme hibah.

Selain itu, di Kantor Pusat DJKN sudah dilaksanakan perjanjian pinjam pakai oleh Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Rahayu Puspasari dengan Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya. Perjanjian tersebut antaranya aset-aset berupa tanah, bangunan, dan peralatan dengan jangka waktu lima tahun.

Berdasarkan kajian yang dilaksanakan LMAN yang merupakan sebuah Badan Layanan Umum di bawah DJKN yang bertugas mengoptimalkan aset negara, maka rumah sakit tersebut memberikan manfaat ekonomi dan sosial sebesar Rp 246 miliar per tahun, dan jika disewakan nilainya sekitar Rp 3,5 miliar.

“Maka dengan mekanisme pinjam pakai, Pemkot Lhokseumawe diuntungkan dengan tidak perlu mengeluarkan biaya, dan tetap dapat merasakan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat setempat,” katanya.

Disamping itu, kata Kurniawan Nizar, di bidang pelayanan lelang dengan sistem e-Auction, masyarakat Aceh sudah dimudahkan untuk mengikuti lelang dimana saja, dan kapan saja. Yaitu cukup hanya dengan mengakses ke www.lelang.go.id sudah dapat mencari barang-barang yang diinginkan, serta melakukan penawaran lelang terhadap barang yang diminati.(una)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved