Pelayaran ke Sabang 8 Trip

Memasuki libur akhir tahun, arus wisatawan menuju Sabang meningkat drastis. Untuk mengantisipasi

Pelayaran ke Sabang 8 Trip
SERAMBI/BUDI FATRIA
Kapal Motor Penumpang (KMP) Tanjung Burang meninggalkan Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Pulau Sabang, Sabtu (22/12). Libur akhir tahun, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Sabang mulai meningkat 50 persen dari hari biasanya. 

* Arus Penumpang Meningkat

BANDA ACEH - Memasuki libur akhir tahun, arus wisatawan menuju Sabang meningkat drastis. Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang, pihak pelabuhan menambah jumlah pelayaran rute Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh-Pelabuhan Balohan Sabang menjadi delapan trip sejak empat hari terakhir.

Kepala Pelabuhan Balohan Sabang, Agustiar kepada Serambi, Selasa (25/12) mengatakan, penambahan trip penyeberangan itu dilakukan untuk kapal cepat dan kapal lambat yang masing-masing empat trip. Sedangkan jadwal regulernya setiap jenis kapal hanya berlayar tiga trip atau total enam trip dalam sehari.

Agustiar menambahkan, untuk pelayaran dengan kapal cepat dilayani oleh tiga unit kapal yaitu Express Bahari 8B, Express Bahari 2F, dan Express Cantika. Jadwalnya pelayaran dari Balohan dimulai pukul 08.00 WIB, pukul 10.00 WIB, pukul 14.30 WIB, dan pukul 16.00 WIB.

Sedangkan pelayaran kapal lambat dilayani dua kapal yaitu KMP Tanjung Burang dan KMP BRR yang masing-masing melayani dua trip. Pelayaran dari sabang dimulai pukul 07.30 WIB, pukul 10.30 WIB, pukul 14.00 WIB, dan pukul 16.00 WIB.

“Setelah penambahan dua trip kapal, semua penumpang yang datang maupun yang ingin keluar dari Sabang dapat terangkut semua. Namun untuk kendaraan ada beberapa yang tidak terangkut dan harus menunggu hari selanjutnya, seperti kemarin ada tiga kendaraan yang tidak muat lagi,” ujar Agustiar.

Menurutnya, dalam sehari terdapat sekitar tiga ribu penumpang yang masuk ke Sabang, ada sekitar 90 mobil, dan ratusan kendaraan roda dua. Kedatangan wisatawan ini sudah dimulai sejak Sabtu (21/12) lalu. Selain dari Aceh, sebagian besar wisatawan berasal dari Sumatera Utara.

Agustiar menambahkan, untuk memastikan semua kendaraan dan wisatawan terangkut ke Sabang maupun dapat balik ke Banda Aceh. Otoritas pelabuhan sudah membatasi jumlah truk yang boleh masuk ke kapal. Dalam sekali pelayaran hanya diizinkan masuk dua truk pengangkut material. Namun untuk truk pengangkut kebutuhan pokok tetap diizinkan masuk, karena menyangkut dengan warga sabang.

Hari Ini Puncak Arus Balik
Kepala Pelabuhan Balohan Sabang, Agustiar mengatakan, puncak arus balik wisatawan dari sabang diperkirakan akan terjadi hari ini, Rabu (26/12). Hal itu karena bagi pegawai di Aceh hari ini menjadi hari libur terakhir.

Karena, kata Agus, khusus Aceh mendapat tambahan hari libur, dalam rangka peringatan 14 tahun tsunami. Sehingga banyak wisatawan lokal Aceh yang akan memilih kembali di hari terakhir.

Menurutnya, meskipun libur akan berakhir dan banyak wisatawan yang akan kembali. Namun pantauan di pelabuhan, masih ada wisatawan yang masuk ke Sabang. Khsusunya wisatawan asal sumatera Utara.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved