Mualem: Itu Sikap Pribadi Abu Razak

Ketua Umum Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA-PA), Muzakir Manaf alias Mualem menegaskan

Mualem: Itu Sikap  Pribadi Abu Razak
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Ketua DPA Partai Aceh, Muzakir Manaf atau Mualem 

* Terkait Dukungan terhadap Capres

BANDA ACEH - Ketua Umum Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA-PA), Muzakir Manaf alias Mualem menegaskan, sejauh ini partainya hanya mendukung calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Lantas, jika ada pentolan PA memberi dukungan kepada pasangan lain, Mualem mengatakan itu adalah sikap pribadi orang tersebut.

Hal itu dikatakan Mualem saat diwawancarai Serambi di Banda Aceh, Jumat (28/12), terkait berita kemarin bahwa ‘Abusyik dan Abuwa Merapat ke Jokowi’. Mualem juga mengakui perbedaan arah dukungan capres dan cawapres antara dirinya dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPA Partai Aceh, Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak.

Dengan tegas Mualem mengatakan, sikap politik Abu Razak yang mendukung capres/cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin, adalah sikap pribadi Abu Razak, bukan sikap partai. “Kami (Partai Aceh) tetap ke Prabowo, itu (Abu Razak) secara pribadi dia saja,” kata Mualem saat menjawab Serambi via ponsel kemarin.

Seperti diketahui, untuk Pilpres 2019 nanti, Abu Razak yang juga pentolan PA dan eks GAM ‘berseberangan’ dengan Mualem. Mualem hingga saat ini masih setia mendukung Prabowo Subianto sebagai capres pada Pemilu 2019, sedangkan Abu Razak mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Perbedaan sikap kedua tokoh eks GAM ini cukup mengejutkan, karena selama ini PA dikenal solid dan tidak ada khilafiah dalam dukungan calonnya. Abu Razak sendiri secara terang-terangan telah menyatakan dukungannya kepada Jokowi, bahkan beberapa hari lalu, bersama beberapa pimpinan partai nasional juga diundang ke Istana Bogor oleh Jokowi.

Ternyata tak hanya Abu Razak, dalam rombongan itu juga ikut beberapa politisi PA, seperti Tgk Muharuddin, Jufri Hasanuddin, Tgk Anwar Ramli, dan Efendi ST, Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Kuta Pase, Muchtar Hanafiah alias Ableh. Yang lebih mengejutkan lagi, hadir juga Bupati Pijay, Aiyub Abbas yang akrab disapa Abuwa, juga tokoh eks GAM.

Namun, ketika ditanya pendapatnya terkait dukungan Abuwa terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin, Mualem justru balik bertanya. “Abuwa mana?” tanya Mualem kepada Serambi.

Serambi kemudian menjelaskan bahwa Abuwa yang dimaksud adalah Aiyub Abbas, Bupati Pijay yang juga pentolan PA dan tokoh eks GAM di kawasan Pidie. “Oh iya, itu hak dialah,” tukas Mualem.

Terkait adanya pentolan PA seperti Abu Razak yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, Mualem tidak mempersoalkannya. “Sebenarnya sudah jelas, kita tetap mendukung Prabowo. Secara partai saya tidak mempersoalkan, terserah dia saja, walaupun dia dalam partai sendiri ada perbedaan, ya kita diam saja, terserah dia sajalah,” kata Mualem.

Ditanya apakah selaku pimpinan tertinggi PA Mualem menginstruksikan jajarannya untuk mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mualem mengaku dirinya telah menyampaikan hal itu, termasuk kepada pentolan PA yang kini menjabat bupati/wakil bupati. “Secara lisan sudah,” pungkas Mualem. (dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved