Sekjen Kemenag Resmikan PTSP Aceh

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) RI, M Nur Kholis Setiawan, meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

Sekjen Kemenag  Resmikan PTSP Aceh
Foto/IST
Sekjen Kemenag RI, M Nur Kholis Setiawan bersama Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh dan Kabag TU, Saifuddin saat meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP( Kemenag Aceh, Kamis (27/12. Foto/IST 

* Bisa Urus 51 Perizinan

BANDA ACEH - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) RI, M Nur Kholis Setiawan, meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Kamis (27/12). PTSP itu didirikan untuk mempermudah pengurusan izin di Kanwil Kemenag Aceh.

Dengan diresmikan PTSP itu, kini terdapat 51 layanan atau dapat diurus dalam satu pintu. Beberapa layanan atau izin tersebut diantaranya Pendirian Penyelengara Ibadah Haji Khusus (PIHK), Izin Pendirian RA dan Madrasah, Izin Penelitian di Madrasah, Surat Keterangan Kerusakan Ijazah, Konsultasi Wakaf, Tugas Belajar S1 Bagi PNS, Usul Izin Belajar S2/S3, Usul Pensiun Dini, hingga Pengajuan Izin Magang pada Kanwil.

Nur Kholis mengatakan, PTSP merupakan salah satu program Direktif Menteri Agama 2018 yang harus dimiliki setiap Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia. Dikatakan, semua Kanwil Kemenag diwajibkan memiliki PTSP dan semuanya ditargetkan rampung dalam 2018 ini. Kanwil Kemenag Aceh menjadi provinsi ke-33 yang meresmikan PTSP.

Ia menambahkan, dengan adanya PTSP ini bisa meminimalisasikan interaksi antara pengguna pelayanan dengan petugas dalam rangka terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih

“Tujuan PTSP sendiri untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, menyederhanakan proses layanan. Tentunya dengan ada PTSP pengurusan akan lebih cepat dan mudah,” ujar Nur Kholis.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, HM Daud Pakeh mengatakan, saat ini Kemenag Aceh terus melakukan berbagai Inovasi untuk mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sehingga kehadiran Kementerian Agama kian dirasakan masyarakat, serta mendapatkan kepercayaan dari pemerintah daerah setempat.

Saat ini PTSP Kanwil Kemenag Aceh masih menggunakan aplikasi intranet berbasis web. Tahun depan Kanwil Kemenag Aceh akan mengembangkan aplikasi ini dari intranet menjadi online. Sehingga dengan perubahan tersebut memudahkan masyarakat dalam berurusan terkait pelayanan Kanwil Kemenag Aceh.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved