Remaja Perbatasan Dibekali Dakwah

Sebanyak 21 remaja tingkat SMP dan SMA dari Kecamatan Danau Paris, Aceh Singkil, yang turut didampingi 3 dai perbatasan

Remaja Perbatasan  Dibekali Dakwah
SERAMBINEWS.COM/ARIF RAMDAN
Seminar Strategies Dakwah Islamiyah (Studi Deskriptif Kinerja Da'i Perbatasan) di Aula Biro Rektor UIN Ar-Raniry, Kamis (2/11/2017). 

BANDA ACEH - Sebanyak 21 remaja tingkat SMP dan SMA dari Kecamatan Danau Paris, Aceh Singkil, yang turut didampingi 3 dai perbatasan, dibekali ilmu dakwah dalam pelatihan bertajuk ‘Daurah Safar’, 28-31 Desember 2018 di Banda Aceh. Kegiatan yang diadakan Forum Dakwah Perbatasan (FDP) Aceh itu bertujuan untuk melahirkan generasi muda yang beriman, berakhlak Qurani dan berkualitas di daerah perbatasan Aceh.

Pembekalan tersebut berlangsung di dua tempat yakni Hotel Meurah Mulia Banda Aceh dan Kompleks Markaz Dewan Dakwah Aceh (DDA) di Gampong Rumpet, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. Acara itu dibuka Ketua Umum FDP Aceh, dr Nurkhalis SpJP FIHA dan juga dihadiri Sekjen DDA Said Azhar SAg, Kepala Sekretariat MPU Aceh, Dr Syukri M Yusuf Lc MA, serta tamu lainnya.

Ketua Umum FDP Aceh, dr Nurkhalis SpJP FIHA mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, yang menurutnya sangat bermanfaat bagi peserta. “Selain dibekali ilmu agama juga dapat mendorong peserta untuk terus bersemangat dalam belajar dan menuntut ilmu,” ujarnya.

Sebagai kader dai cilik di daerah perbatasan, kata Nurkhalis, para peserta harus memiliki dua kemahiran dalam hidup yakni siap belajar dan siap menjadi dai. “Kami berharap para peserta dapat mengikuti daurah ini dengan serius demi kemaslahatan umat ke depan, minimal berguna untuk kampungnya dalam mengantisipasi aksi permutadan,” pesannya.

Dibekali Berbagai Materi
Sementara Ketua Panitia, Enzus Tinianus MH mengatakan, daurah safar diadakan untuk mengisi waktu libur sekolah siswa dan sebagai daurah lanjutan yang sebelumnya diadakan di Singkil sekitar 2 bulan lalu. “Kali ini daurah dilaksanakan di Banda Aceh supaya para remaja lebih semangat dalam mengikutinya,” ujarnya.

Disebutkan, para remaja tingkat SMP dan SMA di kecamatan Danau Paris itu merupakan perwakilan kampungnya masing-masing. Mereka dibekali materi tentang aqidah, akhlak, pemahaman Alquran, dan motivasi untuk menuntut ilmu. “Para peserta juga akan diajak untuk berwisata dengan mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, dan tempat wisata islami lainnya,” jelas dia.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved