Serambi KIDS

Syakira Sudah Punya “Bisnis”

Tahu tidak Sahabat Serambi Kids? Diam-diam Syakira Annisa’ sudah punya “bisnis” loh

Syakira Sudah Punya “Bisnis”
FOTO/IST
Gelang dari acrylic (bahan plastik mirip kaca dan lembaran plastik yang super keras 

Tahu tidak Sahabat Serambi Kids? Diam-diam Syakira Annisa’ sudah punya “bisnis” loh. Dengan uang hasil jerih payahnya, ia sudah membeli buku-buku dan keperluan lain.

Bagaimana ya perasaan Syakira saat punya uang hasil usaha sendiri lalu membelanjakannya? “Senang sekali dan enak ada uang sendiri, tidak usah minta ayah bunda. Kalau pingin beli buku langsung beli,” ungkap teman yang sekolah di Min Cot Gue, Darul Iamarah, Aceh Besar, kelas VI-A ini.

Apa sih “bisnis” Syakira yang sudah dilakukannya sejak kelas IV itu? Mulanya teman yang punya hobi menulis dan membaca ini, membuat gelang dari acrylic (bahan plastik mirip kaca dan lembaran plastik yang super keras, tembus pandang, dan mudah cair bila dipenaskan).

Menurut Syakira, gelang-gelang itu dijualnya pada teman-teman di kelas dan teman pengajiannya, seharga Rp5.000 hingga Rp12.000 per gelang, tergantung besar lingkaran gelangnya. Syakira sudah memproduksi lebih dari seratus gelang.

“Saya ingin membuktikan pada teman-teman, saya bisa berkarya seperti orang lain. Karya itu ada juga saya hadiahkan kepada manda, nenek, bunda, dan teman-teman, saat hari spesial. Saya senang bisa buat kerajinan tangan, apalagi menjual dan dibeli oleh teman. Apalagi kalau dipesan untuk kelompok teman atau geng, biar mereka kelihatan kompak. Mereka bisa pilih warna. Misalnya kombinasi hijau dengan biru, hijau muda dengan hijau tua,” urai Syakira.

Apa yang terjadi kemudian? Teman-temannya pun akhirnya membuat gelang yang sama. Waduh, Syakira memang tidak marah sih. Tapi teman yang bercita-cita jadi bidan ini, agak kecewa. “Mengapa teman-teman ikut-ikutan bikin gelang ya? Maunya buat yang lain jangan sama,” begitulah curhatan Syakira kepada bundanya.

Tapi ayah bundanya menasihatinya, bahwa bila karya kita diikut orang berarti kita bisa jadi teladan. Lalu cari model karya yang lain biar tidak sama. Ayah bunda Syakira juga mengatakan bahwa tugas kita adalah shalat, berdoa kepada Allah swt, dan berusaha. Selebihnya, rezeki itu Allah yang menentukan.

Nah, akhirnya Syakira membuat bros dan gantungan kunci. Ia pun mulai belajar merajut untuk membuat karya lain. Misalnya rajut tas kecil selempang. Selamat berkarya ya Syakira.(nan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved