Kanwil Kemenag Aceh Berupaya Tetap Eksis dan Bersinergi dengan Pemerintah Aceh

Saifuddin mengharapkan kepada kankemenag sebagai perwakilan Kanwil di daerah dapat bertugas sesuai dengan tupoksinya.

Kanwil Kemenag Aceh Berupaya Tetap Eksis dan Bersinergi dengan Pemerintah Aceh
SERAMBINEWS.COM/Foto Humas Kemenag Aceh
Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin SE 

DALAM momentum hari amal bakti (HAB) ke-73 Kemenag RI, Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin SE atau yang akrab disapa Yahwa mengharapkan Kankemenag kabupaten/kota dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam bekerja atau melakukan pembangunan.

Untuk memperingati HAB, sejumlah rangkaian kegiatan juga sudah digelar baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Baik itu perlombaan olahraga hingga kegiatan bakti sosial yang menyasar masyarakat setempat. Kegiatan itu untuk memeriahkan dirgahayu Kemenag tersebut, serta mengeksiskan keberadaan Kemenag di Aceh.

Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin SE
Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin SE (SERAMBINEWS.COM/Foto Humas Kemenag Aceh)

Saifuddin mengatakan, sebenarnya Kemenag merupakan lembaga yang mengurus semua kegiatan yang dimulai acara hidup hingga kematian, semuanya ada terdapat peranan Kemenag. Sehingga kedepan, Kankemenag di daerah diminta dapat bersinergi dengan pemkab dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Sebenarnya Kemenag RI ini lembaga hidup mati, semua kegiatan ada peran Kemenag. Makanya apapun acara pemda kita bisa masuk, namun masalahnya sebelumnya kurang sinergi, maka kedepan Kankemenag harus meningkatkan sinergi dengan pemkab atau pemko,” ujarnya.

Baca: Terungkap Identitas Pria yang Pukul Wanita saat Shalat di Masjid, Korban Sempat Bicara dengan Pelaku

Ia mengharapkan kepada kankemenag sebagai perwakilan Kanwil di daerah dapat bertugas sesuai dengan tupoksinya. Dalam menjalankan kebijakan harus sinergi dengan Kanwil Aceh dan Kemenag RI pusat.

Ia juga meminta jajaran madrasah di Aceh supaya dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang selama ini sudah diraih. “Seharusnya madrasah ini menjadi sekolah nomor satu dan favorit, karena madrasah ini mengajarkan pendidikan agama dan pendidikan umum,” tandasnya.

Selain itu, tahun ini Kanwil Kemenag Aceh juga mendapat formasi CPNS sebanyak 1.250 formasi. Jumlah itu merupakan formasi terbesar untuk Aceh dalam 18 tahun terakhir.

Baca: VIDEO - HMI Galang Dana untuk Bangun Gedung Tempat Menyimpan Bukti Sejarah Tsunami di Aceh Barat

Dari jumlah 1.250 orang itu sebagian besar merupakan formasi, hal ini menunjukkan kedepan Kemenag fokus membangun pendidikan madrasah. Sehingga jumlah guru akan semakin merata nantinya, bahkan sebagian diantaranya akan ditempatkan di daerah terluar dan perpencil. (*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved