Tafakur

Perubahan

Menjelang pemilihan umum, banyak calon wakil rakyat berlomba-lomba mengusung slogan perubahan

Perubahan
For Serambinews.com
Pemerintah Kota Sabang mengeluarkan Seruan bersama terkait malam tahun baru 

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (QS Ar-Ra’d: 11).

Menjelang pemilihan umum, banyak calon wakil rakyat berlomba-lomba mengusung slogan perubahan. Namun seringkali, tak ada uraian tentang apa yang akan diubah, kemana arah perubahannya, perangkat apa yang dipakai dan sejauhmana peluangnya.

Apalagi melakukan perubahan dalam budaya kerja yang jalan di tempat, adalah suatu tantangan yang tak mudah. Tidak sedikit sumberdaya manusia yang seharusnya menjadi pelaksana-pelaksana perubahan, malah perlu dipaksa dengan ancaman agar mau berubah. Sebagian orang datang ke tempat kerja untuk menghabiskan waktu dan tercatat kehadirannya. Kalau dihitung, apa yang dikerjakan tidak senilai dengan gaji yang diperoleh.

Bahkan sebahagian orang bukan hanya tidak mau bekerja untuk kebaikan, tetapi malah melakukan kejahatan. Misalnya, malas dipertontonkan kepada banyak orang di tempatnya bekerja, sehingga menular kepada pekerja-pekerja lain. Para pekerja lain akan merasa tak bersalah bila melakukan hal yang sama.

Bagi orang-orang beriman, belajar untuk berubah ke arah yang lebih baik tak perlu harus melalui pemaksaan. Itu sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan pribadi. Rasulullah SAW juga telah mengajak, berkomitmen dan mencontohkan bagaimana berjuang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik (hijrah).

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved