KIP Rilis Data Pemilih Tambahan

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh kembali merilis data pemilih Pemilu 2019, menyusul pendataan dan pemutakhiran

KIP Rilis Data Pemilih Tambahan
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Bireuen bersama jajaran KIP, PPK serta PPS mulai Selasa (17/04/2018) mulai datangi rumah warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih. 

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh kembali merilis data pemilih Pemilu 2019, menyusul pendataan dan pemutakhiran yang dilakukan di lapangan pascapenetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP2) pada 15 Desember 2018.

Menurut Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KIP Aceh, Agusni AH, Rabu (2/1), pemutakhiran data pemilih DPTb (daftar pemilih tambahan) hingga per 31 Desember 2018 mencapai 626 orang dengan kategori laki-laki 568 dan 58 orang perempuan yang meliputi 23 kabupaten kota. “Tapi jumlah ini belum merata di 23 kabupaten kota, masih terus dilakukan di lapangan,” kata Agusni.

Dia mengatakan, DPTb tersebut dipastikan akan terus bergerak mengalami penambahan. Karena, masa pendataannya masih terus berlangsung hingga satu bulan sebelum hari pencoblosan pada tanggal 17 April 2019.

Selain data DPTb, kini KIP Aceh juga melalukan pendataan data DPK (daftar pemilih khusus) sampai 31 Desember 2018, sebanyak 254 orang, masing-masing 136 laki-laki dan 118 perempuan. Agusni AH menguraikan,kedua jenis kelompok data pemilih tersebut memiliki spesifikasinya masing-masing sehingga berbeda perlakuan pelayanan bagi setiap pemilih DPTb dan DPK.

Dia menjelaskan, pemilih DPK adalah orang-orang yang sudah memiliki KTP elektronik namun belum masuk dalam DPT. Sehingga yang bersangkutan didata hingga 15 hari sebelum hari pencoblosan dan bisa untuk memilih pada satu jam sebelum berakhir pencoblosan atau setelah selesai pemilih DPT dan DPTb dengan menggunakan surat suara jika masih bersisa.(dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved