Satu Kecamatan Diisi Lima PPK

Komisi Independen Pemilihan (KIP)kabupaten/kota, Rabu (2/1) melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan

Satu Kecamatan  Diisi Lima PPK
SERAMBINEWS.COM/SARI MULIYASNO
Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri melantik dan mengambil sumpah panitia pemilihan kecamatan (PPK) Simeulue di Aula Dinas Kesehatan setempat, Rabu (2/1/2019). 

* Pelantikan Berlangsung di Sejumlah Kab/Kota
* Terlibat Partai Langsung Di-PAW

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP)kabupaten/kota, Rabu (2/1) melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan pasca-keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam putusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018 disebutkan anggota PPK ditambah dua orang disetiap kecamatan dari sebelumnya hanya tiga orang. Artinya, saat ini anggota PPK sudah lima orang, sama seperti Pemilu sebelumnya.

Di Banda Aceh, ada 18 anggota PPK yang dilantik untuk sembilan kecamatan se-Banda Aceh. Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady dalam sambutannya menyampaikan kegiatan pelantikan tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Pelantikan itu juga mengikuti surat edaran KPU RI.

“Pelantikan ini mengikuti putusan MK Nomor 31 Tahun 2018 yang mengabulkan gugatan dari teman-teman aktivis Pemilu yang menggugat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017,” katanya.

Dia mengatakan, alasan digugat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu karena mengatur anggota PPK hanya tiga orang. Berbeda dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 yang mengatur lima orang. Sementara tugas dan beban penyelenggara Pemilu saat ini sudah ditambah dengan dilaksanakannya Pileg dan Pilpres secara serentak pada tahun 2019. Makanya, penambahan anggota PPK menjadi lima orang sangat wajar dengan kondisi seperti ini.

“Ini wajar (digugat) karena memang ada ironis di mana kegiatan Pemilu semakin banyak dengan dilaksanakannya Pileg dan Pilpres secara serentak, tapi jumlah anggota PPK dikurangi,” ujar Indra.

Indra menyebutkan, pascaturunnya putusan MK, pihaknya memang tidak lagi melakukan perekrutan dua orang anggota PPK tambahan secaraterbuka. Tapi hanya memanggil kembali anggota PPK yang lulus cadangan pada seleksi pertama. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan atau profesi untuk merekomendasi delapan orang calon anggota PPK lainnya, sehingga total calon anggota PPK tambahan menjadi 11 orang.

Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadillah dalam kesempatan itu meminta semua anggota PPK untuk menciptakan pemilu yang baik. Dia mengatakan, keberhasilan pemilu ada pada ketegasan penyelenggara.

“Selama ini pemilu di Banda Aceh sudah berlangsung baik. Dalam pelaksanaan pemilu ini kuncinya ketegasan. Tapi saya yakin, dengan kesipaan KIP, pemilu di Banda Aceh akan berhasil, tentu ini butuh dukungan semua pihak,” katanya.

Sementara di Kabupaten Pidie, ada 46 anggota PPK yang dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Ketua KIP Pidie, M Ali, dan turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Muliyadi Yacob SPd MM.

M Ali dalam acara tersebut, mengingatkan jika da anggota PPK yang terbukti terlibat partai akan langsung dilakukan pergantian antarwaktu (PAW). “Bagi PPK yang terlibat dengan partai pemilu, akan mendaptkan sanksi tegas berupa PAW,” tegasnya.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved