Aceh Timur Siapkan Operasi Bibir Sumbing Gratis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur bekerjasama dengan Yayasan Smile Train, akan menggelar kembali Operasi Bibir Sumbing

Aceh Timur Siapkan Operasi Bibir Sumbing Gratis
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM Thaib atau Rocky, menyantuni dua orang anak penderita bibir sumbing warga Gampong Blang Geulumpang, Kecamatan Idi Rayeuk, Jumat (21/10). 

IDI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur bekerjasama dengan Yayasan Smile Train, akan menggelar kembali Operasi Bibir Sumbing secara gratis, dari 11 sampai 13 Januari 2019. Sebelumnya kegiatan sudah pernah dilaksanakan dua kali pada Maret 2017 dan April 2018.

Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM.Thaib atau akrap disapa Rocky mengatakan program operasi bibir sumbing secara gratis ini merupakan ketiga kalinya digelar di Aceh Timur. Kegiatan itu terselenggara berkat kerjasama Yayasan Smile Train, dibantu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia (Perapi).

“Operasi bibir sumbing gratis selama tiga hari ini dipusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Zubir Mahmud Aceh Timur di Idi,” kata Rocky, Rabu (2/1/).

Dijelaskannya, jika ada warga dan anak-anak menderita bibir sumbing, supaya segera mendaftarkan diri ke Puskesmas terdekat, atau kepada petugas pendamping PKH di setiap desa. “Operasi ini gratis, tanpa dipungut biaya. Tujuan kita, ingin mewujudkan Aceh Timur bebas bibir sumbing dan bisa kembali tersenyum,” pungkas Rocky.

Sedangkan Koordinator Smile Train Aceh, Rahmat Maulizar mengatakan hingga Rabu (2/1), 40 orang sudah mendaftar untuk operasi bibir sumbing. Namun demikian, bagi warga lainnya yang ada keluarganya menderita bibir sumbing diharapkan mendaftarkan diri kepada Puskesmas atau petugas PKH di masing-masing gampong di Aceh Timur.

Usia peserta yang diperbolehkan mendaftar mulai dari usia 3 bulan dengan berat badan 5 kilogram sampai usia tanpa batas. “Jadi tidak hanya operasi bibir sumbing, tapi juga bisa operasi celah langit-langit, dan hidung, untuk hasil yang lebih sempurna,” katanya.

Pada hari operasi nanti, pasien diimbau datang pukul 08.00 pagi ke RSUD dr Zubir Mahmud, Aceh Timur, karena akan dipeusiujuk oleh Bupati Aceh Timur. “Keluarga diharapkan menjaga kesehatan anaknya agar tidak sakit waktu menjalani operasi,” imbau Rahmat.

Untuk tindakan operasi dilakukan pada 12 Januari 2019 di rumah sakit Zubir Mahmud Aceh Timur yang dipimpin langsung oleh dr Muhammad Jailani SpBP RE- (K) dan tim medis dari Banda Aceh.(c49)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved