KPU: Itu Terserah Masing-masing Calon

KPU (Komisi Pemilihan Umum) menyatakan tidak melarang capres-cawapres untuk mengikuti tes baca Alquran yang digelar oleh Dewan Ikatan Dai Aceh

KPU: Itu Terserah Masing-masing Calon
SERAMBINEWS.COM/SAIFUL BAHRI
Para bakal calon legislatif (Bacaleg) dari berbagai partai politik (parpol), Senin (16/7/2018) mulai mengikuti uji baca Alquran di Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe. 

KPU (Komisi Pemilihan Umum) menyatakan tidak melarang capres-cawapres untuk mengikuti tes baca Alquran yang digelar oleh Dewan Ikatan Dai Aceh. Menurut KPU, hadir atau tidaknya capres-cawapres dalam tes tersebut merupakan hak masing-masing.

“Masyarakat itu kan punya gambaran tentang kategori pasangan capres yang digambarkan mewakili aspirasi mereka seperti apa. Maka masyarakat juga berhak mengundang pasangan calon untuk diajak diskusi, diajak pengajian, itu untuk masyarakat,” papar Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari, Rabu (2/1).

Hasyim menuturkan masyarakat boleh mengetes pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2019 yang mereka inginkan. Karena itu, tes baca Alquran yang akan digelar Dewan Ikatan Dai Aceh sah. “Ini yang harus ditanya kan relasi antara masyarakat dan calonnya. Kalau masyarakat pengin punya pemimpin seperti ini capresnya, ya boleh-boleh saja. Persoalan capresnya mau hadir atau tidak, ya urusan mereka masing-masing,” terang Hasyim.

Hasyim menegaskan KPU hanya menyeleksi syarat capres-cawapres berdasarkan undang-undang. Jika ada syarat lain di luar UU, sambung dia, bukan menjadi kewenangan KPU. “Kalau KPU kan urusan pemenuhan syarat calon kan sudah selesai, dan yang diurus KPU kan syaratnya yang dituangkan dalam UU. Kalau di luar UU, KPU tidak bisa melakukan pengujian atau tes,” ujarnya.(kompas/suara/dtc)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved