Kelima Caleg Mangkir dari Sidang

SIDANG ajudikasi pendahuluan kemarin dihadiri oleh para pelapor dari Panwaslih Aceh Timur, sidang digelar terbuka untuk umum

Kelima Caleg Mangkir dari Sidang
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Pakar hukum yang juga Ketua DPW PBB Aceh, Yusril Ihza Mahendra didampingi Sekretaris DPW PBB Aceh, Zulmahdi Hasan menyampaikan konferensi pers terkait pembukaan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) partai tersebut di Cafe Ring Road, Banda Aceh, beberapa waktu lalu. 

SIDANG ajudikasi pendahuluan kemarin dihadiri oleh para pelapor dari Panwaslih Aceh Timur, sidang digelar terbuka untuk umum. Namun, amatan Serambi, kelima caleg DPRK Aceh Timur yang menjadi terlapor tidak hadir alias mangkir hingga sidang tersebut ditutup oleh Ketua Majelis Sidang, Marini.

Komisioner Panwaslih Aceh, Fahrul Rizha Yusuf mengatakan, pihaknya telah mengirimkan undangan panggilan kepada para pihak, termasuk kelima caleg tersebut. “Tapi kita lihat memang tidak hadir sampai proses persidangan kita tutup. Kita sudah menggelar sidang tadi sesuai dengan jadwal,” katanya.

Dia mengatakan, sidang-sidang yang akan dilaksanakan selanjutnya juga terbuka untuk umum. Bagi para pihak, terutama kelima terlapor agar kooperatif menghadiri sidang. “Dalam proses persidangan yang terbuka untuk umum, di situ ada proses pembuktian proses-proses para pihak,” katanya.

Fahrul juga menjelaskan, mengapa sidang tersebut digelar di PanwaslihAceh, padahal itu temuan Panwaslih Aceh Timur terkait pelanggaran administratif Pemilu di Aceh Timur. “Ketika proses pelanggaran administratif di kabupaten/kota maka sidang ajudikasinya satu tingkat di atasnya, itu secara alur sidang,” pungkas Fahrul Rizha Yusuf.(dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved