Luar Negeri

Presiden China Perintahkan Tentara Siap Berperang, Taiwan Minta Bantuan Masyarakat Internasional

tantangan yang semakin meningkat dan angkatan bersenjata harus bekerja untuk mengamankan keamanan dan pembangunan China

Presiden China Perintahkan Tentara Siap Berperang, Taiwan Minta Bantuan Masyarakat Internasional
Kementrian Pertahanan RRC
Presiden China, Xi Jinping saat menghadiri latihan militer di Laut China Selatan pada Kamis (13/4/2018) (Kementrian Pertahanan RRC) 

SERAMBINEWS.COM - Presiden China Xi Jinping memerintahkan Angkatan Bersenjata Tiongkok untuk memperkuat ketahanan dan kesiapan mereka berperang.

Hal itu dikatakan Xi pada pertemuan petinggi militer negara komunis tersebut pada hari Jumat (4/1/2019).

Selama ini, China terus meningkatkan kekuatan militernya di tengah sengketa wilayah di Laut China Selatan dan meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) mengenai berbagai masalah mulai dari perdagangan hingga status Taiwan.

Baca: Dengan Bantuan Drone, Arkeolog Temukan Kuil Edom Langka di Israel yang Berusia 2.200 Tahun

Kantor berita resmi Xinhua mengabarkan, dalam rapat tersebut, Xi mengatakan kalau China menghadapi risiko dan tantangan yang semakin meningkat dan angkatan bersenjata harus bekerja untuk mengamankan keamanan dan pembangunan China.

Xi, yang juga ketua Komisi Militer Pusat menuturkan, angkatan bersenjata harus menyusun strategi untuk era baru dan bertanggungjawab mempersiapkan dan mengobarkan perang.

"Dunia sedang menghadapi periode perubahan besar yang tidak pernah terlihat dalam satu abad terakhir, dan China masih dalam proses periode penting memperluas strategi dan pembangunan,"ujarnya seperti dikutip Reuters, Sabtu (5/1/2019).

Baca: Terlibat Aktivitas Prostitusi Online, Polisi Amankan Artis VA di Surabaya

Perkembangan terbaru ini merupakan kelanjutan dari pidato Xi pada hari Rabu (1/1/2019) yang menyatakan bahwa Tiongkok masih memiliki hak menggunakan kekuatan agar mencapai penyatuan kembali dengan Taiwan dan mencegah kemerdekaan pulau tersebut.

Pidato Xi ini juga muncul setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani Undang-Undang (UU) Inisiatif Reasuransi Asia menjadi UU dan menegaskan kembali komitmen AS untuk keamanan Taiwan.

Taiwan cari dukungan dunia

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyerukan dukungan komunitas internasional untuk mempertahankan demokrasi di pulau tersebut di tengah ancaman baru China terhadap Taiwan.

Baca: 10 Besar Channel YouTube Indonesia, Ria Ricis Duduki Posisi Pertama Kalahkan Atta Halilintar

Halaman
123
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved