MIT Harap Website Pemerintah Lebih Informatif

Komunitas penggiat IT Aceh, Masyarakat Informasi dan Teknologi (MIT) Aceh berharap pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota

MIT Harap Website Pemerintah Lebih Informatif
Screenshot Website Pemerintah Aceh
Website Pemerintah Aceh 

BANDA ACEH - Komunitas penggiat IT Aceh, Masyarakat Informasi dan Teknologi (MIT) Aceh berharap pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk dapat mengisi portal web-nya (website) dengan konten yang lebih informatif. Hal itu dimaksudkan agar portal web pemerintah itu bisa menjadi rujukan utama warga dalam memenuhi kebutuhan informasi.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif MIT Aceh, Teuku Farhan kepada Serambi, Jumat (4/1). Farhan menilai hampir seluruh portal web milik pemerintah Aceh kurang informatif. “Padahal sebuah web provinsi perannya sangat penting untuk menampilkan perkembangan Aceh terkini dari sisi data, bukan menjadi portal web berita,” ujarnya.

Menurut Farhan, ada paradigma yang masih keliru dalam pengelolaan web pemerintah dimana mereka menjadikan web itu sebagai portal berita. Seharusnya, portal web tersebut menyajikan data terkini tentang Aceh dalam berbagai bentuk yang menarik. “Daripada menampilkan data dan informasi lama, masyarakat lebih menyukai data terkini berbentuk infografis,” terang praktisi IT itu.

Dia menyontohkan portal web milik Pemerintah Aceh yakni acehprov.go.id, yang menurutnya masih kurang menarik dan sulit diakses menggunakan smartphone. Bahkan di dalamnya ada data kedaluwarsa seperti data objek wisata terakhir yang tersedia hanya tahun 2012. “Informasi berita objek wisata juga hanya dua ditampilkan, yang terakhir diperbaharui pada Januari 2018,” jelasnya.

Dari sisi pelayanan untuk warga lokal, kata Farhan, portal web Pemprov Aceh belum menyediakan layanan interaksi antarwarganet. Layanan live chat itu sangat penting karena warga dapat bertanya langsung kepada pemerintah tanpa harus bolak-balik datang ke kantor yang sangat menyita waktu. “Semoga di tahun 2019 ada terobosan pelayanan di portal web resmi pemerintah Aceh, sebagai gerbang awal pusat informasi Aceh di internet,” demikian Farhan.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved