Meluas, Areal Gambut yang Terbakar di Wilayah Barat

Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat dan Aceh Jaya dalam dua hari terakhir kian meluas

Meluas, Areal Gambut yang Terbakar di Wilayah Barat
IST
Personil kodim 0114 Aceh Jaya sedang melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut secara manual yang terjadi di kawasan Desa Babah Dua, kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya 

MEULABOH - Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat dan Aceh Jaya dalam dua hari terakhir kian meluas. Jika sebelumnya di Aceh Barat hanya dua titik api, kemarin bertambah titiknya dan hingga Senin (7/1) diperkirakan areal yang terbakar sudah mencapai 7 hektare (ha).

Sebelumnya kebakaran lahan gambut terjadi di Seuneubok dan Gampa, Kecamatan Johan Pahlawan. Tapi kemudian meluas ke Paya Peunaga hingga ke Alue Peunyareung, tepatnya di dekat kawasan Kampus Universitas Teuku Umar (UTU), Kecamatan Meureubo. Untungnya, upaya pemadaman terus dilakukan oleh BPBD setempat bersama pihak terkait, termasuk Polri dan TNI.

Koordinator pemadan kebakaran dari BPBD Aceh Barat, Ahmad Syah yang ditanyai Serambi kemarin mengatakan, kebakaran di kabupaten itu sudah terjadi sejak tiga hari terakhir. Namun, ada beberapa titik yang sudah berhasil dipadamkan. “Kebakaran lahan lebih karena cuaca panas yang sedang melanda Aceh Barat dan kabupaten sekitarnya,” kata Ahmad Syah.

Ia tambahkan, tim pemadam pada Senin dikerahkan ke kawasan lahan di Alue Peunyareng. Mereka dibantu oleh Polri dan TNI. Selain itu, pihak pemkab berharap lahan gambut yang dibuka untuk berkebun hendaknya jangan main bakar.

Beberapa warga Aceh Barat berharap Pemkab dan BPBD bersikap tegas dan menindak siapa pun yang nekat membakar lahan atau hutan saat berkebun atau berladang. Apalagi lahan gambut di Aceh Barat kerap dilanda kebakaran, seperti terjadai tahun lalu. “Jangan biarkan kebakaran terus meluas,” kata Hamdi, warga Meulaboh.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa SIK melalui Kapolsek Meureubo, Iptu Fitriadi yang ditanyai kemarin mengakui bahwa di wilayahnya terdapat dua titik kebakaran lahan. “Di kawasan Alpen sudah berhasil dipadamkan,” kata Kapolsek Iptu Fitriadi.

Tak berpotensi hujan
Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMGK) Meulaboh-Nagan Raya, Angga Yudha yang ditanyai kemarin, menyatakan untuk wilayah barat-selatan belum berpotensi hujan hingga tiga hari ke depan. “Kecuali wilayah timur dan utara Aceh yang sudah terlihat potensi hujannya,” kata Angga.

Ia nyatakan meski belum tetapi tidak tertutup kemungkinan terjadi hujan lokal. Begitupun, pihak BMKG berharap warga tidak main bakar lahan serta bersungguh-sungguh menjaga lingkungan sehingga tidak terjadi kebakaran karena cuaca panas masih melanda.

Dari Calang dilaporkan, kebakaran lahan gambut di perkebunan Desa Babah Dua, Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya, hingga Senin, (7/1) dilaporkan semakin meluas. Data yang diperoleh Serambi, Senin (7/1), areal yang terbakar sejak Minggu (6/1) tersebut sudah mencapai 20 hektare.

Hal itu disampaikan Kabid Penanggulangan dan Pencegahan BPBK Aceh Jaya, Ismail melalui telepon kepada Serambi, Senin (7/1).

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved