Sabtu, Semua Kantor Imigrasi di Aceh Buka

Enam Kantor Imigrasi se-Aceh, yakni di Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa, Sabang, Meulaboh, dan Takengon

Sabtu, Semua Kantor Imigrasi di Aceh Buka
IST
IMAM SANTOSO, Kepala Imigrasi Meulaboh

* Layani Pembuatan Paspor

BANDA ACEH - Enam Kantor Imigrasi se-Aceh, yakni di Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa, Sabang, Meulaboh, dan Takengon, tetap buka untuk melayani pembuatan atau perpanjangan paspor di masing-masing kantor itu, Sabtu (12/1) mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Pelayanan pada hari libur kerja yang tidak sebagaimana mestinya itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bakti Ke-69 Imigrasi yang jatuh pada 26 Januari 2019.

Informasi ini awalnya diperoleh Serambi dari pihak Kantor Imigrasi Banda Aceh, Senin (7/1). Bahkan di Kantor Imigrasi ini pelayanan setengah hari itu sudah mulai sejak Sabtu (5/1) dan akan berlangsung hingga Sabtu (19/1). Secara terpisah, informasi yang sama tentang pelayanan tiga kali Sabtu tersebut juga disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Meulaboh, Imam Santoso, lewat siaran pers kepada Serambi dua hari lalu.

“Bagi yang ingin mengurus paspor baru maupun penggantian baru, maka dapat maksimal memanfaatkan momentum ini sebagai solusi jika tak dapat datang karena kesibukan kerja di hari kerja. Silakan datang ke Kantor Imigrasi dengan membawa persyaratan KTP, KK, aktA lahir atau ijazah, serta paspor lama bagi pemohon yang sudah pernah membuat paspor sebelumnya,” kata Imam Santoso.

Sedangkan secara keseluruhan untuk memastikan pada Sabtu (12/1), empat kantor imigrasi lainnya di Aceh juga memberikan pelayanan yang sama, kemarin Serambi mengonfirmasi hal ini lewat WhatsApp kepada Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Aceh, Muhammad Adnan. Ia membenarkan hal itu.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Nomor IMI-UM.01.01-3.5830 perihal Pelayanan Paspor Simpatik dalam rangka Hari Bakti Ke-69 Imigrasi tahun 2019. Memerintah seluruh Kepala Kantor Imigrasi untuk melaksanakan pelayanan paspor simpati pada Sabtu atau Minggu mulai 26 Desember 2018 hingga 25 Januari 2019. “Jadi, seluruh atau enam kantor imigrasi se-Aceh sudah mulai melaksanakan pelayanan paspor simpatik dimaksud,” tulis Muhammad Adnan.

Informasi lainnya yang diperoleh dari sumber Serambi, empat kantor imigrasi lainnya di Aceh juga menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Imigrasi itu dengan membuka pelayanan pembuatan dan perpanjangan paspor dalam tiga kali Sabtu sebagaimana di Kantor Imigrasi Banda Aceh dan Meulaboh. Namun, ada juga yang melakukan empat kali diawali pada Sabtu, 29 Desember 2018, seperti di Kantor Imigrasi Langsa. Sedangkan pelayanan di kantor imigrasi secara keseluruhan pada hari kerja juga tetap dilakukan seperti biasanya, pukul 08.00-16.30 WIB. (sal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved