MUQ Pagar Air Gelar Musabaqah

Dayah Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, 8-12 Januari 2019

MUQ Pagar Air Gelar Musabaqah
IST
KADIS Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny (dua kiri) didampingi jajaran pimpinan MUQ Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, menabuh rapa-i tanda dimulainya Musabaqah Awal Sanah (Muqas) IV di kompleks dayah tersebut, Selasa (8/1) malam. 

BANDA ACEH - Dayah Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, 8-12 Januari 2019, menggelar Musabaqah Awal Sanah (Muqas) IV. Kegiatan yang berlangsung di kompleks dayah setempat itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, H Usamah El-Madny SAg MM, Selasa (8/1) malam.

Untuk diketahui, Muqas adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh keluarga besar MUQ dengan dikoordinir oleh ustaz/ustazah dan Himpunan santri/santriwati tahfizhul Alquran (Histaq) bertindak sebagai panitia. Kali ini, acara tersebut mengusung tema “Berbekalkan Alquran, Menyiapkan Generasi untuk Mengarungi Zaman dengan Kemantapan Iman.”

Ketua Panitia, Muhammad Fikyansa, dalam laporannya mengatakan, bahwa Musabaqah Awal Sanah IV tersebut diikuti 951 peserta dari 66 sekolah yang terdiri atas SMA/MA dan SMP/MTs se-Aceh, serta SD/MI di Banda Aceh dan Aceh Besar. Cabang yang diperlombakan, sebutnya, antara lain hifzil Quran (1 juz, 5 juz, 10 juz, dan 15 juz), syahril Quran, fahmil Quran, tilawatil Quran, tartil Quran, pidato bahasa Arab, Inggris dan Indonesia, serta kaligrafi, tajhiz mayat, dan hadits arbain hifzil 1 juz.

Adapun tujuan dilaksanakan Muqas, menurut Fikyansa, adalah meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, memberikan dan mengimplementasikan potensi bakat dan minat generasi muda Aceh, memperdalam pengetahuan dan peningkatan kualitas pengamalan Alquran, serta sebagai ajang pembinaan mental dan spiritual generasi muda.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, H Usamah El-Madny SAg MM, saat membuka acara tersebut mengatakan, pihaknya merasa senang dan bangga atas terlaksananya musabaqah yang bertujuan untuk mengasah kemampuan, tingkat kreativitas, dan mental santri. Sebab, menurut Usamah, hal ini akan menjadikan santri lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan di masa mendatang yang semakin sengit.

Pada kesempatan itu, Kadis Pendidikan Dayah Aceh mengajak semua pihak mulai dari alumni, pengurus MUQ Pagar Air, dewan guru, dan UPTD Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang membawahi MUQ agar memiliki mimpi yang sama dalam menjadikan MUQ Pagar Air lebih berkualitas lagi di masa mendatang. Sehingga, lulusannya akan menjadi manusia yang luar biasa dan mereka adalah generasi yang memiliki nilai-nilai Alquran dalam dirinya.

Usamah juga menyampaikan rasa bangganya melihat alumni MUQ Pagar Air yang tidak hanya tersebar di Indonesia, namun ke berbagai penjuru dunia. Hal itu, tambah Usamah, dapat dilihat dari pemutaran video alumni MUQ Pagar Air yang mengucapkan selamat atas terselenggaranya Muqas IV. “Alumni MUQ Pagar Air ada yang sedang berada di Australia, Jepang, Dubai, Mesir, dan beberapa negara lainnya untuk melanjutkan studi,” pungkas Usamah.

Hadir pada pembukaan acara itu antara lain Kepala UPTD Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Drs Sahlan M Dian, Pimpinan Dayah MUQ Pagar Air, Ustaz Sualip Khamsin, Ketua Umum MUQ Pagar Air, Drs Sofyan Muchtar, Ketua Komite MUQ Pagar Air, Dr Mufakkir Muhammad, Camat Ingin Jaya, dewan juri, dan sejumlah tamu undangan lainnya.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved